100.000 Ikan Belido Akan Ditebar di Sungai Musi

Ekonomi  KAMIS, 14 MARET 2019 , 21:33:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

100.000 Ikan Belido Akan Ditebar di Sungai Musi
RMOLSumsel. Dinas Perikanan Kota Palembang akan menebar 100 ribu ekor ikan Belido ke Sungai Musi. Hal itu akan dilakukan setelah, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membalas usulan dinas tersebut terkait bantuan 100 ribu ekor bibit ikan Belido.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang Aprizal Hasyim saat dibuncangi di ruang kerjanya, Kamis (14/3).

"Ikan Belido di Sungai Musi ini sudah hampir punah. Itulah kenapa kita usulkan ke KKP untuk bantuan 100 ribu bibit ikan Belido. Alhamdulillah usulan kita mendapat balasan," ungkapnya.

Mantan pejabat di Kabupaten Ogan Ilir ini juga menerangkan, Ikan Belido yang menjadi biota ikan tawar di Sungai Musi diakui Dinas Perikanan Kota Palembang sudah minim ditemukan.

Hal itu berdasarkan laporan dari 800 nelayan tangkap Palembang dalam satu tahun terakhir tidak menemukan Ikan Belido.

"Berdasarkan laporan nelayanan tidak menemukan lagi Ikan Belido di Sungai," sampainya.

Banyak faktor yang menyebabkan sulit ditemukannya Ikan Belido terutama di perairan Sungai Musi. Aprizal mengatakan, hal demikian diakibatkan faktor manusia yang tidak bertanggung jawab seperti mengambil ikan dengan cara setrum, juga bisa karena limbah.

"Belido ini icon Palembang, kita sudah bentuk team untuk pengawasan dengan dibantu aparat hukum, sehingga pengambil ikan dengan cara yang salah akan kena sanksi," jelasnya.

Untuk melestarikan Ikan Belido selain dengan restoking, Dinas Perikanan juga melakukan pembibitan Belido di Balai Benih Ikan (BBI) Palembang. Pihaknya sedang menyiapkan SDM internal dan eksternal seperti bekerja sama dengan pembibitan yang sudah sukses seperti Balai Benih Ikan Aceh dan Kalimantan.

"Kita sedang siapkan BBI kita yang sedang akan direhab, kebetulan ada bantuan dari kementerian. 2020 kita mulai pembibitan," tandasnya. [ida]

Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00