Untuk yang Mau Urus Perizinan, Disediakan Shuttle Bus

Ekonomi  KAMIS, 14 MARET 2019 , 20:53:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Untuk yang Mau Urus Perizinan, Disediakan Shuttle Bus
RMOLSumsel. Sudah empat hari ini, banyak masyarakat yang ingin mengurus perizinan di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Palembang kebingungan. Pasalnya saat didatangi, gedung yang terletak di halaman belakang Kantor Walikota Palembang tersebut tampak kosong.

Meski terdapat pengumuman, terkait pemindahan kantor ke Mall Pelayanan Publik (MPP) di Palembang Convention Center (PCC) Jakabaring Palembang, masih banyak masyarakat mempertanyakan kepindahan kantor yang dulu bernama Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) tersebut.

"Kantor perizinan di mana sekarang?  PCC itu di mana?" kata salah satu warga saat bertanya ke Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang berjaga di pintu masuk Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang.

Saat dikonfirmasi, Kepala DPM-PTSP Kota Palembang Akhmad Mustain menerangkan bahwa sejak Senin (11/3), seluruh kantor pelayanan sudah pindah ke PCC Jakabaring.

"Hari ini adalah hari ke empat kami menempati kantor baru yang akan menjadi Mall Pelayanan Publik," ungkapnya, Kamis (14/3).

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan info terkait pindahnya Kantor DPM-PTSP Kota Palembang dan masih datang ke Kantor Walikota, maka pihaknya menyediakan shuttle bus yang dapat digunakan setiap satu jam.

"Untuk memudahkan masyarakat yang masih mendatangi kantor lama, maka kami siapkan shutle bus. Dimana bus ini akan melayani masyarakat yang akan melakukan pengurusan izin secara gratis selama satu bulan kedepan," terangnya.

Pemindahan kantot DPM-PTSP ke PCC, karena memang kedepan seluruh pelayanan akan terintegrasi dalam satu tempat dengan konsep Mall Pelayanan Publik.

Dimana, akan ada 117 pelayanan publik yang ada di Mall Pelayanan Publik kedepan. Diantaranya, pelayanan perizinan DPM-PTSP, pembuatan paspor Imigrasi, BPJS, Taspen, pelayanan e KTP Disdukcapil, Samsat, perbankan dll.

"Sesuai keinginan Walikota, maka dipilihlah gedung PCC. Selain karena tempatnya cukup representatif, bekas Media Center Asian Games ini juga memiliki gedung yang besar dengan luasan 11 ribu meter persegi dan lahan parkir yang juga luas," ulasnya.

Sesuai dengan konsepnya, yakni Mall Pelayanan Publik, maka akan disediaka berbagai fasilitas layaknya mall, seperti adanya tempat santai seperti Starbuck dan beberapa tempat makan seperti KFC, Indomaret dan juga selasar UMKM.

"Semua fasilitas sedang dalam tahapan tender. Insya Allah SWT pada 18 September 2019, Mall Pelayanan Publik ini akan di launching," terangnya.

Mustain menambahkan, berbagai fasilitas lain juga akan disediakan, termasuk perbankan, ruang bermain dan ruang ibu menyusui untuk warga yang mengurus perizinan.

"Memang lokasi agak jauh, tapi menuju kantor sudah ada LRT dan angkot jurusan Tegal Binangun, Mall Pelayanan Publik (MPP) dan Pasar Induk, dan angkot jurusan OPI, MPP Jakabaring,"

Selanjutnya pihaknya juga akan menempatkan petugas Dishub dan PUPR untuk mengurus teknis perizinan lainnya. Sehingga warga tak lagi pergi ke lokasi lain karena semuanya sudah ada di dalam mal pelayanan publik.

"Mall Pelayanan Publik ini akan jadi mall pelayanan terbesar. Karena memang secata fisik gedungnya sangat besar," tandasnya.  [ida]

Komentar Pembaca
#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

RABU, 20 MARET 2019 , 21:00:00

LBH: Penetapan Tersangka Sopir Tangki Diwarnai Intimidasi
Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

SELASA, 19 MARET 2019 , 19:00:00

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

SENIN, 28 JANUARI 2019 , 08:43:00

Woow.. Ahok Salam 3 Jari

Woow.. Ahok Salam 3 Jari

KAMIS, 24 JANUARI 2019 , 11:16:00

IBADAH IMLEK

IBADAH IMLEK

SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:10:00