Festival Kuliner dan Kerajinan Tangan PALI

Kembangkan Industri Kreatif Desa

Oleh: Ari Wibowo

Budaya  KAMIS, 14 MARET 2019 , 14:40:00 WIB

Kembangkan Industri Kreatif Desa

Bupati PALI bersama ketua KNPI menghadiri Festival Kuliner Dan Kerajinan Tangan Khas di Lapangan Sanggar Pramuka Kecamatan Talang Ubi/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar Festival Kuliner Dan Kerajinan Tangan Khas Kabupten PALI, Kamis (14/3) di Lapangan Sanggar Pramuka Kecamatan Talang Ubi.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten PALI serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang menampilkan kuliner dari berbagai desa dan hasil kerajinan tangan serta produk industri kreatif dari desa-desa yang ada di Kabupaten PALI.

Ketua DPD KNPI Kabupaten PALI M Anasruk Adjihara Nopriyansa dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan menggali potensi sumber daya Kabupaten PALI untuk meningkatkan perekonomian keluarga sejahtera.

"Dengan terlaksananya acara ini, diharapkan bisa menjadi awal bagi masyarakat PALI untuk lebih kreatif lagi dalam menghasilkan produk-produk unggulan baik itu kerajinan maupun kuliner yang menjadi ciri khas dan akan mengangkat nama kabupaten ini," ujar Anas.

Dia juga berharap dengan banyaknya pelaku usaha kerajinan kreatif atau kuliner khas PALI, Pemkab PALI bisa membangun sentral atau tempat untuk menampung produk hasil kerajinan masyarakat.

"Jadi apabila ada sentral pusat kerajinan atau oleh-oleh khas Pali, maka pengunjung atau wisatawan akan mudah mendapatkan buah tangan saat berkunjung ke PALI," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati PALI mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi KNPI dan TP.PKK PALI tersebut. "Acara festival kuliner dan kerajinan tangan khas PALI ini sangat bagus, cara ini bisa mendorong keratifitas masyarakat dalam menciptakan produk kreatif lainnya," ujar Bupati.

Menanggapi permintaan ketua KNPI, Bupati PALI langsung merespon dengan berjanji bakal membangun gerai kerajinan dan kuliner sebagai sentral bagi pelaku usaha tersebut.

"Sebagai wadah pengrajin atau pelaku usaha kuliner untuk menjajakan produknya. Juga sebagai pusat oleh-oleh khas PALI. Diharapkan dengan banyaknya kegiatan yang menampilkan kerajinan dan kuliner seperti ini, menambah promosi Kabupaten PALI di samping promosi produk hasil karya masyarakat," jelasnya. [sri]







Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00