Pemerintahan Jokowi Prioritas Swasembada Pangan 80 Persen

Ekonomi  KAMIS, 07 MARET 2019 , 14:14:00 WIB

Pemerintahan Jokowi Prioritas Swasembada Pangan 80 Persen

NET

RMOLSumsel. Politikus PDI Perjuangan Arya Bima menilai pemerintah memiliki arah strategi yang jelas untuk merealisasikan ketahanan pangan guna menjaga peningkatan konsumsi dari pertumbuhan penduduk.

Cara menuju ketahanan pangan dilakukan dengan mengupayakan swasembada dan pola hubungan antarnegara yang tidak ketergantungan (interdepedensi).

"Pemerintahan Joko Widodo mempunyai prioritas mencapai swasembada pangan hingga 80 persen," ucap Arya, Kamis (7/3).

Selain itu, sisanya bersifat kerja sama pangan antara negara yang tak ketergantungan. Sebab, impor pangan bukan jadi fokus program kerja, melainkan hanya kebijakan penunjang stabilitas dan cadangan domestik

"Roadmap pangan tampak jelas. Mulai kemandirian untuk menuju kedaulatan pangan sehingga ada ketahanan pangan untuk memenuhi konsumsi akibat lonjakan penduduk," ujar Arya.

Arya menilai pemerintah kini menyadari bahwa pertambahan penduduk harus diikuti dengan peningkatan produksi pertanian.

Arya menuturkan, Jokowi bersama Kementerian Pertanian sudah menyusun waktu pengaturan produksi pangan secara terarah serta cermat.

Selain itu, kata Arya, infrastruktur pertanian juga diprioritaskan sebagai bagian dari pembangunan lainnya sehingga menunjang ketepatan produksi.

Proses pembangunan dan ketersediaan embung, kan, sekarang masif, ya, untuk pertanian. Juga revitalisasi waduk irigasi. Rasanya cukup sistematis arah menuju ketahanan pangan kita," ungkap Arya. [irm]



Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00