Keterbatasan Tempat Penyimpanan

KPU Siapkan Strategi Distribusi Surat Suara

Politik  SENIN, 04 MARET 2019 , 19:32:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

KPU Siapkan Strategi Distribusi Surat Suara

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang mengaku punya strategi dalam pengerjaan tahapan hingga pendistribusian surat suara dan kotak suara dengan keterbatasan tempat penyimpanan saat ini.

Demikian disampaikan, Ketua KPU Palembang Eftiyani maupun Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Yetty Oktarina, Senin (4/3).

Eftiyani mengatakan saat ini sebanyak 1.126.087 lembar surat suara Pemilu 2019 yang masih dalam kemasan sudah tersusun disimpan di Aula Demokrasi lantai 3 KPU Palembang.

"Sudah masuk semua di kantor KPU. Hari Rabu ini akan diserahkan kepada pihak ketiga untuk dilakukan pelipatan. Harapan kita mintakan bisa sampai 300-an orang untuk melakukan pelipatan surat suara ini. Target kita 2 April itu sudah tuntas. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik, tertib sesuai per TPS," ungkap Eftiyani.

Mengingat lokasi khusus penyimpanan barang-barang kebutuhan untuk Pileg dan Pilpres 2019 ini terbatas, maka KPU Kota Palembang mensiasatinya.

"Karena lokasi penyimpanan terbatas, maka pendistribusian surat suara Capres itu akan dikirimkan belakangan, terakhir digabungkan dengan alat kelengkapan TPS lainnya. Kita awali pengiriman itu surat suara DPR RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Palembang. Selesai pelipatan, packing, langsung kirim untuk menghemat tempat," kata Eftiyani.

Untuk petugas pelipatan surat suara ini menurutnya akan dilakukan SOP penjagaan secara ketat.

"Mereka yang ditugaskan itu harus ngumpulkan KTP-nya waktu datang. Pulang juga diperiksa oleh petugas kepolisian dan Bawaslu," jelasnya.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM DR Yetty Oktarina juga mengakui tidak memiliki ruang representatif untuk melakukan penyimpanan surat suara maupun kotak suara.

"Bilik suara banyak yang belum dirakit karena tidak ada ruang representatif untuk penyimpanan. Tadinya mau ditarok di gedung Jakabaring. Tapi kan mau nyewa, sedangkan untuk biayanya kita tidak punya. Makanya bilik suara dari 24 ribuan yang dibutuhkan, baru dua ribuan yang dirakit sudah disusun di kantor KPU ini. Karena agak susah, mau ditempatkan dimana," terangnya.

Dosen Tetap Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Baturaja juga mengakui untuk surat suara dari percetakan sudah disusun di Aula Demokrasi lantai 3.

"Tempat penyimpanan ini juga kecil. Kemasannya belum kita buka. Proses pelipatannya nanti di Aula Kecamatan IT 1 akan diawasi sesuai SOP (Standar Operasional Prosedure). Harus discan, KTP petugas pelipatan harus ditinggal, tidak boleh bawa handphone," terang alumnus Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.

Untuk pendistribusian surat suara yang sudah dilipat ini nanti sudah barang tentu minimal H-1 pencoblosan sudah harus siap berada di TPS.

"DPT kita di Palembang ini termasuk paling banyak. Memang inginnya tadi bisa dilakukan 300-an petugas. Namun hasil Rakor kita akan libatkan 145 orang petugas untuk pelipatan ini. H-7 harus sudah ready. 16 April sudah ada di TPS," kata Yetty. [sri]


Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00