Ada Modus Baru Penipuan Belanja Online

Kriminal  MINGGU, 03 MARET 2019 , 09:58:00 WIB

Ada Modus Baru Penipuan Belanja Online

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Polres Sidrap menangkap Yunus bin Ambo Koti (29), warga Lagalumpang, Desa Kalosi, Kecamatan Dua Pitue, yang telah melakukan penipuan modus penjualan barang secara online.

Yunus tak berkutik saat petugas menangkapnya di kediamannya. Lelaki pengangguran ini tak memberikan perlawanan.

Kapolres Sidrap AKBP Budi Wahyono, menjelaskan, pelaku yang ditangkap ini terduga kuat sebagai pelaku penipuan daring. Saat ditangkap, tersangka sedang melakukan aksi penipuan. Dia memasang iklan palsu.

"Jadi dia memanfaatkan salah satu situs jual beli online ternama, OLX. Penangkapan ini berdasarkan kecurigaan warga sekitar," ungkapnya.

Saat dilakukan penangkapan kata Budi, petugas mengamankan sejumlah barang bukti. Seperti tiga buah laptop, lima buah ponsel yang diduga digunakan pelaku untuk menjalankan aksinya. Selain itu, juga barang bukti 12 buah buku tabungan berbagai bank, lima lembar kartu ATM, dan satu stempel palsu.

"Pelaku ini sudah sangat lihai. Transaksinya saja sampai punya 12 buku tabungan. Sangat profesional kelihatannya. Modusnya dengan memasang iklan palsu sebagai jebakan untuk meraup keuntungan," terangnya.

Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Jufri Natsir, menambahkan, saat penggeledahan, petugas mengamankan lima dus paket pengiriman. Kemudian dua dus ponsel, dan 10 lembar resi pengiriman.

"Pelaku juga menggunakan resi palsu jasa pengiriman barang PT Tiki dan JNE. Jadi mengelabui korban bahwa barangnya sudah dikirimkan dengan pakai resi palsu. Padahal barangnya tidak ada," bebernya.

Jufri menambahkan, di hadapan polisi, pelaku mengakui perbuatannya. Dia memasang iklan palsu, berpura-pura menjual barang elektronik di penjualan daring, serta menggunakan resi pengiriman palsu.

"Kini pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolres Sidrap guna penyelidikan lebih lanjut. Termasuk di mana saja dan jumlah korbannya masih tahap penyelidikan," kuncinya. [irm]

 



Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

KAMIS, 11 JULI 2019 , 17:38:25

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00