Diundangkan Jaman SBY, KTP WNA Diributkan Sekarang

Sosial  SABTU, 02 MARET 2019 , 14:59:00 WIB

Diundangkan Jaman SBY, KTP WNA Diributkan Sekarang
RMOLSumsel. Sebetulnya Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (KTP-el) untuk warga negara asing (WNA) sudah diatur sejak masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tapi masalah itu baru diributkan sejak pekan ini.

Menanggapi itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Sesditjen Dukcapil Kemendagri) I Gede Suratha dalam diskusi bertajuk "E-KTP, WNA dan Kita" di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3).

"Terkait kisruh atau gaduh itu adanya saya melihat kegaduhan kekisruhan yang kita alami sekarang ini itu karena lebih banyak disebabkan kurangnya kita memberikan infromasi," akunya seperti diberitakan JPNN.

Bukan hanya kurangnya sosialisasi, menurut dia kegaduhan ini pun timbul akibat masyarakat yang tak mau mengambil informasi yang sebenarnya telah disiapkan oleh pemerintah.

Sebab undang-undang yang mengatur tentang administrasi kependudukan telah ada sejak tahun 2006 lalu.

"Kita telah menerbitkan KTP-el bagi orang asing sejak 2006 karena UU 23/2006. Namun sampai saat ini petinggi-petinggi saja banyak yang tidak mengerti, kok bisa WNA diberikan KTP-el sementara warga kita sendiri susah mengurus KTP-el," pungkasnya. [ida]



Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00