Diminta Sumpah Pocong, Prabowo Jangan Ambil Pusing

Politik  RABU, 27 FEBRUARI 2019 , 22:34:00 WIB

Diminta Sumpah Pocong, Prabowo Jangan Ambil Pusing

Prabowo Subianto / NET

RMOLSumsel. Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan bekas Kaskostrad Mayjen (purn) Kivlan Zen disarankan tak ambil pusing dengan tantangan Menkopolhukam Wiranto untuk melakukan sumpah pocong mengenai siapa dalang kerusuhan 1998.

"Tak perlu digubris. Itu hanya ungkapan seseorang yang terpojok lalu membela diri," kata analis politik Bin Firman Tresnadi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (27/2).

Sebelumnya Wiranto menantang Kivlan Zen melakukan sumpah pocong karena menuduhnya turut melengserkan Soeharto pada 1998. Selain menjabat Pangab, Wiranto yang pada 1998 menjabat Menhan juga menepis terlibat dalam kerusuhan yang terjadi pada tahun itu. Wiranto lantas membawa-bawa Prabowo untuk juga melakukan sumpah pocong.

Bin mengatakan sumpah pocong tidak memiliki kekuatan hukum apapun. Jika merasa bukan dalang kerusuhan 1998 dan tidak terlibat pelengseran Soeharto, menurut Bin Firman, Wiranto mestinya menginisiasi pembentukan pengadilan HAM adhock untuk menuntaskannya.

"Posisi Wiranto sebagai Menko Polhukam memiliki kapasitas untuk mendorong adanya pengadilan HAM adhock. Jika tidak berani maka timbul kecurigaan di tengah masyarakat," ucap Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring (IDM) itu.

"Jangan-jangan memang apa yang disampaikan oleh Kivlan Zein benar adanya. Sehingga jika Wiranto mendorong adanya pengadilan HAM adhock sama dengan membongkar boroknya sendiri," pungkas Bin Tresnadi. [irm]



Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00