'Aku Adalah Peluru' Mengungkap Cinta Connie Rahakundini

Ragam  SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 07:59:00 WIB

'Aku Adalah Peluru' Mengungkap Cinta Connie Rahakundini
RMOLSumsel. Tadi malam, Jumat (22/2), diluncurkan buku berjudul 'Aku Adalah Peluru' yang merupakan biografi Connie Rahakundini Bakrie. Buku ini sekaligus menjadi ungkapan mahabbah atau kecintaan yang paling dalam Connie pada peradaban Maritim Indonesia.

Buku yang dibalut sastra, menceritakan tentang buah pemikiran dari akademikus nasional, Connie Rahakundini Bakrie ini diluncurkan di Meseum Kebangkitan Nasional, Jalarta tadi malam.

Buku ini bukan sekadar memoar atau biografi. Menurut Bara Pattyradja selaku penulis buku ini, Aku Adalah Peluru merupakan sebuah ikhtiar literer untuk menengok kembali perjalanan seorang perempuan tokoh intelektual Indonesia. Bukan semata latar kehidupan personalnya, tapi juga pemikirannya yang bernas.

Sosok Connie Rahakundini Bakrie yang lekat dengan dunia militer atau pertahanan dan keamanan memang tidak bisa dilepaskan dari buku ini. Sehingga pemikirannya mengenai sektor militer dan pertahanan keamanan sangat kentara mewarnai  Aku Adalah Peluru.

"Terselip juga di sana-sini kisah personalnya dalam menggeluti sektor geopolitik, militer dan pertahanan keamanan yang kerap dianggap maskulin itu," kata Bara seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (23/2).

Dalam buku  Aku Adalah Peluru ini, kita bisa juga menemukan sosok Ratu Kalinyamat yang dominasinya melampaui status dan penempatan perempuan di Indonesia pada masa lampau.

Dalam kata pengantarnya, Bara Pattyradja mengungkapkan bahwa sosok Ratu Kalinyamat adalah figur historis Nusantara yang memengaruhi tekad dan imajinas dari Connie.

"Perempuan Tegar Pahlawan Laut itu telah memberinya banyak inspirasi. Buku ini memang ditulis dengan tangan saya, tetapi ia sesungguhnya lahir dari rahim dan pemikiran sang empunya kisah, Connie Rahakundini Bakrie," ujar Bara. [ida]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00