Target Restorasi Gambut Sumsel Capai 625 Ribu Hektare

Sosial  JUM'AT, 22 FEBRUARI 2019 , 16:20:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Target Restorasi Gambut Sumsel Capai 625 Ribu Hektare

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Kepala TRGD (Tim Restorasi Gambut Daerah) Sumsel Najib Asmani beserta rombongan berkunjung ke Markas Korem 044/Gapo dalam rangka silaturahmi dengan Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono bertempat di ruang tamu Danrem Jalan Jenderal Sudirman KM. 4,5 Palembang.

Dalam kunjungannya ke Markas Korem 044/Gapo tersebut, selain meningkatkan tali silaturahmi dengan Korem 044/Gapo khususnya kepada Komandan Korem yang baru menjabat belum genap sebulan itu, juga menyampaikan program-program yang dilaksanakan TRGD Provinsi Sumsel dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Najib Asmani mengatakan, Provinsi Sumatera Selatan merupakan daerah yang sering terjadi kebakaran di musim kemarau khususnya lahan gambut. Banyaknya lahan gambut yang rusak akibat terbakar telah menyebabkan kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Dan Badan Restorasi Gambut (BRG) telah memasang target restorasi gambut seluas 625 ribu hektar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Target restorasi gambut di Sumsel dari BRG mencapai 625 ribu hektar. Pemprov. Sumsel telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 261 Tahun 2016 tanggal 17 April 2016 tentang pembentukan Tim Restorasi Gambut Sumsel,” katanya, Jumat (22/2).

Ia juga menjelaskan, luas lahan gambut di Provinsi Sumsel sekitar 1.420.042 hektar. Akibat Karhutla dan alih fungsi lahan untuk berbagai kegiatan, ekosistem gambut mengalami degradasi yang menyebabkan gambut rentan terhadap kekeringan dan terbakar. Ini berdampak merugikan pada aspek ekonomi, sosial, ekologi, dan bahkan politik.

 Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi degradasi ekosistem gambut beserta dampak yang ditimbulkannya adalah melakukan kegiatan pemulihan (Restorasi) secara sistematis, terencana, dan terukur.

"Dan kami ingin kegiatan itu semua stakeholder terlibat, termasuk TNI untuk dapat membantunya”, terangnya.

Sementara itu, Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono mengatakan, terkait dengan langkah-langkah antisipasi agar tidak terulangnya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Sumsel, kami Korem 044/Gapo siap membantu tugas Pemerintah Daerah (Pemda) dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, dengan memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki.

"Korem 044/Gapo dan satuan jajarannya siap mendukung sepenuhnya baik personel, materiil maupun dukungan lainnya, sesuai kebutuhan dan kesepakatan”, ujar Danrem.

Danrem juga menjelaskan bahwa, Sumsel merupakan provinsi yang sering mengalami kebakaran hutan dan lahan ketika memasuki musim kemarau.

Lahan gambut yang rawan terbakar saat kemarau yakni Kabupaten Banyuasin, OKI, Muba dan Musirawas.

"Dan tidak hanya TRG, Pemerintah dan TNI saja dalam mengatasi Karhutla tetapi juga butuh dukungan dari semua pihak untuk terlibat dan bertanggungjawab untuk menyelesaikan persoalan ini,"  pungkas Danrem.[sri]







Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00