Palembang Dukung Penuh Program Indonesia Bersih

Sosial  KAMIS, 21 FEBRUARI 2019 , 21:58:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Palembang Dukung Penuh Program Indonesia Bersih
RMOLSumsel. Untuk mendukung Program Indonesia Bersih seperti yang dicanangkan Pemerintah Pusat, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang membutuhkan anggaran Rp100 miliar sampai Rp150 miliar. Yaitu dana untuk peralatan dan tenaga kerja.

Karena untuk melaksanakan Program Indonesia Bersih, ungkap Kepala DLHK Kota Palembang  Faizal AR, perlu ada sinergitas antara Pemkot dan Pemerintah Pusat.

"Kita siap bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam mewujudkan Program Indonesia bersih. Dan Palembang menjadi garda terdepan untuk bersama-sama melakanakan program tersebut," ungkapnya, Kamis (21/2).

Dalam rapat yang diikuti oleh beberapa menteri termasuk Menteri Koordinator (Menko) Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan; Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya; Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo; Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar; Menteri Kesehatan Prof Dr dr Nila Djuwita Anfasa Moeloek SpM (K);  dan beberapa lainnya, diinginkan peran daerah untuk menindaklanjuti Program Indonesia Bersih. Mulai dari gerakan, anggaran, dan perencanaan.

"Jadi seluruh kementerian mengajak pemerintah daerah, mulai dari Provinsi hingga ke Kabupaten/Kota untuk melakukan peran serta dalam menanggulangi masalah kebersihan," ungkapnya.

Faizal menerangkan, seluruh menteri yang hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Bersih kemarin mengajak satu suara  seluruh daerah untuk mewujudkan dan mendukung program tersebut, mulai dari perencanaan dan penganggaran.

Karena selama ini, Pemerintah Pusat khususnya seluruh kementerian sudah ada dukungan dari masing-masing kementerian untuk seluruh pemerintah daerah.

"Selama ini Pusat menganggap sudah banyak membantu daerah, seperti pembangunan insenerator ke beberapa derah. Sekarang mereka mengajak kita kembali untuk mewujudkan Program Indonesia Bersih," ujarnya.

Apa yang dilakukan Pemerintah Pusat, sudah lebih dulu dilakukan oleh Pemkot Palembang, melalui Program Gotong Royong setiap Minggu pagi yang dipimpin langsung Walikota Harnojoyo.

Selain itu terkait anggaran, Walikota juga sudah memberikan perhatian khusus terhadap kebersihan dengan mengalokasikan anggaran khusus penambahan armada dan peralatan sebesar Rp20 miliar.

"Jadi anggaran kita Rp30 miliar ditambah dengan tambahan untuk peralatan sebesar Rp20 miliar. Jadi anggaran kita sekarang Rp50 miliar. Meskipun secara hitungan penduduk Kota Palembang, kita membutuhkan anggaran ideal Rp150 miliar," ulasnya.

Faizal berharap, Pemerintah Pusat dapat memberikan bantuan untuk menutupi kekurangan anggaran dalam mewujudkan Program Indonesia Bersih.

"Tanpa anggaran dan peralatan yang memadai, maka akan sulit mewujudkannya," tandasnya. [ida]

Komentar Pembaca
Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

SENIN, 28 JANUARI 2019 , 08:43:00

IBADAH IMLEK

IBADAH IMLEK

SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:10:00

Romi Dikawal di Bandara

Romi Dikawal di Bandara

JUM'AT, 15 MARET 2019 , 18:30:00