Alex Noerdin Sudah Lama Prediksi LRT Palembang Merugi, Ini Solusinya

Ragam  KAMIS, 21 FEBRUARI 2019 , 15:34:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Alex Noerdin Sudah Lama Prediksi LRT Palembang Merugi, Ini Solusinya

Alex Noerdin / RMOLSUMSEL

RMOLSumsel.  Mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin ternyata telah lama memprediksi transportasi massal Light Rail Transit (LRT) Palembang akan merugi.

Demikian dikatakan Alex Noerdin saat diwawancarai seusai acara dialog nasional mengelola event olahraga di graha Sriwijaya, Universitas Sriwijaya, Kamis (21/2).

Alex menuturkan, sepinya penumpang LRT Palembang lantaran transportasi publik yang menghabiskan anggaran triliunan rupiah itu baru satu rute. Sedianya rute LRT akan dibangun 4 rute.

"LRT itu memang pasti sepi, kalau cuma 1 rute, dia itu (LRT) ada 4 rute jadi tinggal 3 lagi," ujar Alex.

Alex menambahkan, perlunya sosialisasi yang gencar dari pemerintah kepada masyarakat untuk menggalakan naik LRT. Dirinya mengaku telah berkeliling Sumsel bertanya kepada masyarakat apakah pernah mencoba LRT Palembang.

"Banyak masyarakat belum tahu, aku keliling, aku tanyo pernah dak naik LRT, banyak yang jawab belum, bahkan di Palembang juga banyak yang belum, jadi sosialisasi itu," katanya.

Lebih lanjut, Alex mengatakan transportasi massal LRT memang rugi bukan hanya di Palembang, tetapi diseluruh dunia. Karena pemerintah berkewajiban mensubsidi tranportasi publik.

"Dia (LRT) rugi pasti. Dari dulu sudah kita prediksi pasti rugi. Dan dimanapun di dunia, pemerintah berkewajiban untuk mensubsidi tranportasi publik," katanya.

Untuk memperkecil kerugian tersebut, Alex merekomendasikan agar 13 stasiun yang ada dikomersialkan begitu juga dengan 886 tiang LRT bisa dimanfaatkan untuk pemasangan iklan berbayar.

"Untuk memperkecil kerugian itu, banyak hal. 13 stasiun itu dikomersialkan, tiang ada 886 tiang itu jadikan iklan. Kemudian TOD, Target Oriented Development di stasiun stasiun yang memungkinkan itu bisa memperkecil subsidi, kalau tidak bisa pas, imbang. Kecil subsidinya, nah itu peran pemerintah," pungkasnya. [irm]

Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00