Kemilau Baru, Nama Desa Pemekaran Tanjung Baru

Daerah  KAMIS, 21 FEBRUARI 2019 , 13:44:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Kemilau Baru, Nama Desa Pemekaran Tanjung Baru

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Usaha masyarakat Desa Tanjung baru Kecamatan Baturaja Timur untuk memekarkan desanya membuahkan hasil. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah menerbitkan surat persetujuan pemekaran desa tersebut pada 22 Januari lalu.

"Nama Desa pamekaran Tanjung Baru adalah Desa Kemilau Baru," ungkap Kabag Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda OKU, Priyatno Darmadi.

Setelah ini, kata Priyatno, tahap selanjutnya adalah pengusulan calon penjabat Kades Kemilau Baru ke Bupati OKU.

Sementara itu Bupati OKU H Kuryana Azis membenarkan pemekaran Desa Tanjung Baru sudah mendapat persetujuan dari Pemprov Sumsel. Ia mengatakan luas wilayah Desa Tanjung Baru dengan jumlah penduduk sudah memadai lagi.

Sehingga wilayah tersebut perlu dimekarkan untuk efektivitas pelayanan birokrasi pemerintah Desa. Bupati menegaskan bahwa pemekaran desa Tanjung Baru sudah tidak ada masalah.

Sebelumnya, ketua panitia pemekaran Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur, Hasyim, mengatakan usulan pemekaran desa tersebut dilakukan berdasar luas wilayah, jumlah penduduk yang padat, dan jangkauan pelayanan birokrasi pemerintah Desa.

Ada tiga Dusun yang diusulkan menjadi Desa. Yakni Dusun 4, 5 dan 6. Di tiga Dusun itu ada 957 kepala keluarga. Sedangkan luas wilayah 400 hektar. Terdiri dari 100 hektar pemukiman, 200 hektar perkebunan rakyat dan 100 hektar hutan rakyat.

Batas Desa Kemilau Baru, antara lain dari perempatan lampu merah Kemiling hingga ke arah Batumarta I.

Saat itu usulan pemekaran sudah dianggap tepat karena memenuhi syarat. Misalnya luas wilayah, tempat ibadah, sekolah, Puskesmas dan Pasar. [irm]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00