Jangan Takut Kehilangan Suara, Bisa Gunakan A5

Politik  SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 13:58:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Jangan Takut Kehilangan Suara, Bisa Gunakan A5

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan seluruh warga Indonesia yang memiliki hak suara bisa menggunakan hak suara mereka pada pemilu 17 April 2019 mendatang.

Tak terkecuali bagi mereka yang bukan merupakan penduduk asli tempat mereka tinggal sekarang, ataupun mereka yang saat ini berada didalam tahanan baik itu tahanan polres maupun tahana yang sudah dilimpahkan kerumah tahanan.

"Mereka bisa menggunakan A5 atau keterangan pemilih pindahan yang mereka dapatkan di KPU atas rekomendasi alamat lengkap mereka,"jelas Kasubag Program dan Data KPU Pagaralam Ramadhan Kepada RMOLsumsel (19/3).

Idealnya sesuai dengan PKPU nomor 37 tahun  2018 bagi mereka yang ingin pindah memeilih ini prosedurnya harus melapor ke Panitia Pemungutan Suara ( PPS)  untuk mendapatkan Model A5 (Keterangan Pindah Memilih).

"Kemudian setelah itu melapor ke KPU bagi mereka yang merupakan tahanan dari Kabupaten/Kota lain serta ke  PPS tujuan yang sesuai dengan domisili mereka ditahan,"imbuhnya.

Akan tetapi, ia menjelaskan, Petunjuk Tekhnis (juknis) pemungutan suara bagi mereka yang berada ditahanan Polres ini belum ada,karena ini merupakan sesuatu yang baru dan berbeda halnya  dengan mereka yang sudah dilimpahkan ke Rutan yang biasanya ada TPS khusus bagi warga binaan.

Catatan juga, mereka yang menggunakam A5 ini,berdasarkan sistem berbasis Daerah Pemilihan tidak bisa memilih Calon legislatif (Caleg) yang ada di Dapil mereka,Karen mereka menggunakan hak suara di TPS sesuai dengan Domisili atau Dapil mereka ditahan.

"Jadi dipastikan kalau mereka akan kehilangan hak suara untuk tingkat kota jika mereka memilih di Dapil lain,"pungkasnya. [irm]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00