Ayo..Nonton Debat Capres

Kedipan Mata Rosyida  MINGGU, 17 FEBRUARI 2019 , 09:45:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Ayo..Nonton Debat Capres
YUK Kita taruhan. Debat Kedua Pilpres 2019 hari ini, Minggu (17/2),  penontonnya bakal seramai Debat Pertama atau tidak?

Besar kemungkinan tidak ya!  Sebab waktunya terasa kurang pas. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan waktu pukul 17.00 WIB. Waktu yang kurang pas bagi banyak orang. Sebab di hari libur, umumnya jam-jam seperti itu orang masih menikmati waktu senggang di luar rumah.

Bagi kaum Muslimin, menonton di jam-jam demikian tidak terasa nyaman. Sebab mereka hampir bersiap-siap pergi ke masjid.

Di sisi lain, sebagian besar masyarkat pemilih sudah menetapkan pasangan yang gambarnya akan mereka coblos nanti. Mereka sudah memantapkan pilihan,  yang akan dieksekusi pada 17 April 2019. Bagi kelompok ini, menonton debat atau tidak sama saja. Takkan ada pengaruhnya lagi. Kalaupun mereka menonton, ya hanya sekadar ingin lihat atau sekadar mengisi waktu.

Terlepas dari persoalan waktu. Juga terlepas dari masyarakat sudah menetapkan pilihan. Debat Kedua ini bakal menarik. Terutama karena Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto tidak mendapat kisi-kisi soal. Mereka juga tidak diberi soal seperti pelajar-pelajar yang tengah mengikuti Lomba Cepat Tepat zaman tahun 1980-an.

Yang jelas, petang ini Jokowi dan Prabowo bertemu dalam pertandingan ulangan. Lima tahun lalu, keduanya sudah 'bertanding' di pentas yang sama. Hanya saja, saat itu kedudukan mereka imbang 0-0. Dalam artian masih sama-sama penantang. Saat ini, posisi sudah berbeda. Ibaratnya Jokowi Juara Bertahan sedangkan Prabowo merupakan Penantang.

Kedua calon wakil presiden tidak akan ditampilkan. Mereka diberi arena untuk saling  berdebat pada Debat Kandidat tersendiri. Namun demikian, Cawapres Nomor Urut 01 KH Ma'ruf Amin sudah menyatakan akan hadir. Kehadirannya sebagai bentuk dukungan kepada sang Capres.

Saat ditanya apakah dia sudah memberikan berbagai masukan kepada Jokowi, Kiai Ma'ruf tertawa,"Pak Jokowi itu Presiden. Beliau sudah melaksanakan tugas Presiden dengan baik. Jadi tidak perlu diberi masukan...," katanya kepada para wartawan kemarin, Sabtu (16/2).

Bagi sebagian publik, mereka menunggu ajang tarung debat ini. Apakah di sesi keempat nanti mereka akan melihat debat seperti pada debat para kandidat presiden di Amerika Serikat. Sebab KPU dan panelis sudah gembar-gembor bahwa sesi keempat ini khusus. Belum pernah ada di sebat-debat sebelumnya. Serukah?

SEBAGAI warga negara yang baik, sepatutnya kita menonton debat ini dan menyikapinya secara bijaksana. Kendati kita sudah menetapkan pilihan, tetap lebih baik kita menonton debat petang ini. Namun segalanya tidak usah dimasukkan ke dalam hati.

Usai menonton debat, kita kembali ke aktivitas masing-masing. Tidak usah ikut-ikutan memantau sosial media, yang isinya klaim-klaim kemenangan capres yang mereka dukung. Kalaupun sempat terbaca atau terlihat klaim-klaim semacam itu, anggap saja sampah. Tidak usah dikomentari. [*]

Komentar Pembaca
Gubernur Urungkan ke Luar Negeri ..

Gubernur Urungkan ke Luar Negeri ..

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019

Startup Harus Rebut Pasar Ekonomi Halal
Cuma Sebatang Pohon..Separo Jawa Gulita
Maskawin 50 Suku Emas

Maskawin 50 Suku Emas

SENIN, 01 JULI 2019

Marhaban ya Ramadhan..

Marhaban ya Ramadhan..

MINGGU, 05 MEI 2019

Biarlah Mereka Ribut Sendiri..

Biarlah Mereka Ribut Sendiri..

MINGGU, 21 APRIL 2019

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00