Ini Strategi Jitu Tangkal Karhutla Sumsel

Ragam  KAMIS, 14 FEBRUARI 2019 , 16:43:00 WIB

Ini Strategi Jitu Tangkal Karhutla Sumsel

Urun Rembuk Strategi Cegah Karhutla/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Riau, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah sejak tahun 2018 silam berlakukan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Namun strategi seperti apa yang jitu dan mampu menangkal karhutla?

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan rembuk anggota untuk mempersiapkan diri melakukan pencegahan dini Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumsel.

Proses rembuk susun strategi yang dilakukan GAPKI ini melibatkan berbagai unsur lainnya seperti Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Balai Pengendalian dan Perubahan Iklim (PPI) Karhutla Sumsel, Polda Sumsel dan Danrem Gapo 044.

Ketua GAPKI Sumsel, Harry Hartanto mengungkapkan, rembuk pasang strategi cegah Karhutla di Sumsel ini dilakukan dalam bentuk seminar degan melibatkan berbagai unsur terkait di Sumsel. Seminar ini bertujuan agar anggota GAPKI lebih siap saat menghadapi musim kemarau 2019.

Kita komitmen ingin mewujudkan Sumsel sebagai provinsi percontohan cegah Karhutla. Kegiatan ini bertujuan agar anggota GAPKI lebih siap menghadapi musim kemarau 2019,” ungkapnya usai  kegiatan Seminar Kesiapan Keanggotaan GAPKI Sumsel Menghadapi Musim Kemarau 2019 di Hotel Zuri Palembang, Kamis (14/02).

Sementara itu, saat memberikan materi seminar, Kasi Karhutla Badan Pengendalian dan Perubahan Iklim (PPI) Sumsel, Didik Suprijono mengatakan, dalam pencegahan Karhutla diperlukannya dukungan dari brbagai aspke termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sarana prasarana (Sarpras) yang baik.

Kedua aspek ini Sumsel telah memilikinya dengan baik dalam proses mencegah Karhutla,”ungkapnya.

Dijelaskannya, upaya yang dilakukan GAPKI sudah benar karena sudah melakukan persiapan sejak dini sebelum memasuki mjsim kemarau 2019.

Mencegah jadi prioritas utama kita. Lebih baik kita bekerja diawal dari pada kita harus bekerja keras saat sudah terjadi Karhutla,” ujarnya.

Kendati demikian tambahnya, berbagai upaya harus dilakukan agar pencegahan dini Karhutla bisa dilakukan dengan baik, seperti membuat peta rawan kebakaran sebagai aktiftas di lapangan, patroli di lapangan yang terdiri dari TNI, Polri dan masyarakat, pembuatan peta rawan Kathutla, pembentukan dan pembinaan masyarat peduli Api (MPA), kampanye atau sosialisasi ke siswa di desa rawan kebakaran dan posko siaga Satgas darurat Karhutla sumsel.

Semua itu sudah kita lakukan di 2018. Tahun ini kita juga diperlukannya upaya pengendalian Karhutla  dengan menyampaiakn informasi detekdi dini terkait Karhutla dengan tujuan jikaa da kejadian lebih cepat dilakukannya pencegahan, patroli  rutin, kampanye Karhutla dan penguatan Sarpras yang ada,” tegasnya.[rel/rik]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00