Optimistis Dorong Alumni Deklarasi dengan Gembira

Kedipan Mata Rosyida  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 17:47:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Optimistis Dorong Alumni Deklarasi dengan Gembira

Alumni UI Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf/net

SEPANJANG Februari ini, hampir tiap hari publik disuguhi berita alumni perguruan tinggi di berbagai daerah memberikan dukungan kepada Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf).

Tidak hanya alumni perguruan tinggi, melainkan juga para alumni SMA. Yang sudah dilakukan adalah deklarasi alumni SMA se-Jakarta pada Minggu (10/2). Dijadwalkan dalam waktu dekat, SMA di berbagai kota di Indonesia akan menggelar deklarasi dukung Jokowi-Ma'ruf juga.

Adalah massa yang menyatakan diri sebagai para alumni Universitas Indonesia (UI) jadi pemulanya. ALumni UI bersama para alumni dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta, yang membuat deklarasi itu pada 12 Januari lalu.

Sebagai pemula, deklarasi para alumni UI saat itu cukup menimbulkan pro-kontra. Pihak rektorat seolah kebakaran jenggot. Iluni pun tak kalah berangnya. Mereka membuat statemen yang gencar disosialisasikan di berbagai media. Intinya, deklarasi tersebut tidak ada kaitannya dengan Universitas Indonesia. Juga Iluni tak mau dikait-kaitkan dengan deklarasi mendukung Pasangan Capers-Cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Jadilah akhirnya, Deklarasi Dukungan yang dibuat 12 Januari 2019  tersebut sebagai deklarasi para alumni UI dan gabungan alumni berbagai perguruan tinggi di Jakarta. Ramai sekali acaranya. Di situlah capres incumbent Jokowi menegaskan, dirinya bukan antek asing seperti dituduhkan oleh saingan-saingan politiknya.

Jokowi berkesempatan unjuk prestasi berupa divestasi PT Freeport Indonesia, di mana Indonesia menguasai 51 persen sahamnya. Block Mahakam sudah 100 persen dikuasai PT Pertamina (Persero), juga PT Cevron Indonesia sudah jadi milik Pertamina.

Sukses deklarasi alumni UI dan alumni perguruan tinggi se-Jakarta itu menjadi trendsetter. Para alumni berbagai perguruan tinggi di Tanah Air seakan tak mau ketinggalan. Mereka membuat seremoni yang tak kalah meriah, mendeklarasikan dukungan untuk Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf.

Setelah para alumni perguruan tinggi yang menyatakan dukungan, Minggu (10/2). para alumni SMA se-Jakarta menggebrak. Mereka juga tak mau ketinggalan, dan mendeklarasikan dukungan bagi Jokowi-Ma'ruf. Sehari sebelumnya pasangan itu mendapat dukungan dari tiga alumni sekaligus, yaitu Universitas Trisakti, Institut Kesenian Jakarta, dan Jaringan Alumni Mesir Indonesia.

Namun untuk tingkat SMA, yang lebih dulu sebetulnya Alumni SMA Pangudi Luhur, dideklarasikan 6 Februari 2019. Oleh banyak pihak, Dekarasi Alumni SMA Pangudi Luhur ini dipandang sebagai pukulan telak bagi Pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sebab Sandi merupakan alumni SMA Pangudi Luhur.

Namun sebenarnya Prabowo-Sandi juga mendapat dukungan dari para alumni, termasuk yang tampil sebagai barisan tandingan. Alumni UI juga deklarasi mendukung Prabowo-Sandi. Diikuti kelompok-kelompok alumni berbagai perguruan tinggi lainnya di Pulau Jawa.

Fenomena ini sangat menggembirakan. Sebab selama ini kampus dan sekolah-sekolah mensterilkan diri dari segala hal  berkaitan dengan politik. Sikap kaku dan anti-politik itulah yang sebelum 12 Januari 2019 ditunjukkan oleh pihak Rektorat Universitas Indonesia dan Ikatan Alumni UI (Iluni).

Situasi sudah benar-benar berubah kini. Acara-acara deklarasi dukungan pada Jokowi-Ma'ruf dijadikan ajang pesta gembira. Para alumni menikmati reuni, sekaligus bergembira mendengarkan visi dan misi sang capres-cawapres.

Umumnya saat acara berlangsung dan berhari-hari setelahnya, para peserta sibuk berkabar di media sosial. Apa-apa yang mereka posting menyiratkan kegembiraan dan optimisme. Ada rasa bangga dan percaya diri, serta kebahagiaan menjadi orang Indonesia.

SAMPAI di tataran ini, kita mengakui kesuksesan Pasangan Jokowi-Ma'ruf bersama Tim Kampanye Nasional (TKN). Mereka sukses mengajak seluruh rakyat Indonesia bergembira menyambut Pesta Demokrasi 2019. Mereka mampu menebarkan perasaan bangga menjadi orang Indonesia, dengan membeberkan capaian-capaian pembangunan yang dilakukan selama 4 tahun terakhir.

Tujuan kampanye sudah setengahnya tercapai; Rakyat Indonesia optimistis negara tercinta akan lebih maju dan sejahtera jika dipimpin oleh Jokowi-Ma'ruf. Setengah lagi tujuan itu diharapkan tercapai saat Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2019, di mana Jokowi-Ma'ruf mengajak masyarakat pemilih mencoblos tanda gambar mereka; Capres-Cawapres Nomor Urut 01.

Dari berbagai deklarasi dukungan itu terbukti bahwa benar pameo 'Banyak orang mau diajak bergembira dan hampir tak ada orang mau diajak menangis'. Buktiknya para alumni itu mengaku, mereka mendukung Jokowi-Ma'ruf karena keduanya menjanjikan kesejukan, kedamaian, keamanan, dan kesejahteraan yang akan dicapai walau secara bertahap.

Bagi para pendukung Capres-Cawapres Prabowo-sandi, harapan kesejahteraan dan kemakmuran itu juga yang mereka yakini bakal tercapai. Hanya saja  visi dan misi Capres-Cawapres Nomor Urut 02 ini disampaikan dengan cara berbeda; yaitu mengobarkan semangat juang ala revolusi; menyerang kebijakan saingan politik; mengetengahkan segala bayangan suram kehidupan.

Akhirnya..keputusan dan pilihan menjadi hak pribadi masing-masing pemilih. Semua bebas menentukan untuk memilih Pasangan Nomor Urut 01 ataupun Pasangan Nomor Urut 02. Semua rakyat Indonesia hendaknya dapat menerima perbedaan ini dengan lapang dada. Hendaklah saling menghormati dan menghargai pilihan masing-masing. Jangan sampai beda pilihan membuat kita bermusuhan. [*]

Komentar Pembaca
Marhaban ya Ramadhan..

Marhaban ya Ramadhan..

MINGGU, 05 MEI 2019

Biarlah Mereka Ribut Sendiri..

Biarlah Mereka Ribut Sendiri..

MINGGU, 21 APRIL 2019

NYOBLOS YUUK...

NYOBLOS YUUK...

RABU, 17 APRIL 2019

KAMPANYE PAMUNGKAS...

KAMPANYE PAMUNGKAS...

SABTU, 13 APRIL 2019

Prabowo Dikeroyok 3 Gubernur..

Prabowo Dikeroyok 3 Gubernur..

KAMIS, 11 APRIL 2019

Kampanye PAS Besok Pasti

Kampanye PAS Besok Pasti "Sepi"..

SENIN, 08 APRIL 2019

Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00