Aduuh, Nama Mandala Shoji Dicoret Dari DCT

Politik  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 22:54:00 WIB

Aduuh, Nama Mandala Shoji Dicoret Dari DCT

Mandala Shoji / NET

RMOLSumsel. Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta memerintahkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk mencoret nama Mandala Shoji dari daftar calon tetap (DCT) caleg DPR RI yang maju di dapil DKI Jakarta dua.

Hal ini dilakukan setelah caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu menerima vonis atas tindak pidana pemilu dan berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

Karena pencetakan DCT sudah terjadi, maka kami mengkomunikasikan kepada semua KPPS yang ada di dapil itu untuk mencoret namanya,” kata Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos di Polda Metro Jaya, Selasa (12/2).

Menurut Betty, hal itu dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada. Pihaknya juga mengaku tengah berkomunikasi dengan KPU RI.

Jadi, ketika kami coret itu sudah berdasar surat keputusan KPU DKI dan KPU RI," imbuh dia.

Diketahui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutuskan Mandala melanggar aturan pemilu setelah terbukti membagi-bagikan kupon umrah saat kampanye. Hakim menjatuhkan vonis tiga bulan penjara dan denda Rp 5 juta sub satu bulan penjara.

Usai vonis tersebut, Mandala mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Namun Pengadilan Tinggi memutuskan menolak banding itu. Kemudian, mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung dan ditolak lagi.

Kini, Mandala sudah ditahan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba, Jakarta Pusat per Jumat, 9 Februari 2019. [irm]

 



Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00