Underpass Lahat Tergenang Air, Pemudik Jadi Korban

Ragam  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 20:37:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Underpass Lahat Tergenang Air, Pemudik Jadi Korban

Mobil Pengendara Mogok Akibat Genangan Air / RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Underpass yang berada di Jalan Lingkar, Desa Ulak Lebar, Kecamatan Lahat saat musim hujan berubah menjadi kolam penampung air. Ruas jalan bawah rel kereta api yang dibangun sejak 3 tahun lalu, hingga kini belum juga difungsikan. 

 

Bagi pengguna jalan yang tak mengetahui kondisi underpass ini, bisa terkebak apalagi saat melintas di malam hari.

 

Seperti yang dialami Arman dan ketiga kerabatnya, mobil yang mereka tumpangi masuk ke kolam underpass itu, Senin (11/2) malam. Beruntung, ketiganya bisa keluar dari mobil yang terapung di kolam underpass yang dalamnya mencapai 6,5 meter pada bagian tengahnya itu.

 

Menurut penuturan Arman yang betalamat di Klender Jakarta Timur, Dia bersama 3 kerabatnya melintas underpass itu hendak pulang ke kampung halamannya di Padang, Sumatera Barat dengan menggunakan mobil Avanza Nopol  B 2256 TKP.

 

Arman yang tidak mengetahui medan jalan di tempat itu,  rupanya terus saja melaju hendak melintasi genangan air yang dikiranya tidak dalam.

 

Ketika mobil yang mereka tumpangi menuruni pangkal underpass itu, Arman baru menyadari  genangan air pada underpass itu cukup dalam, sehingga berupaya mengerem untuk menghentikan mobil. Namun, badan jalaan pada pangkal underpass yang agak curam itu sangat licin, apalagi pada saat kejadian hujan, sehingga mobil yang mereka tumpangi tetap meluncur ke arah tengah underpass yang genangan airnya cukup dalam.

 

Beruntung mereka bisa dengan cepat keluar mobil dan berupaya menyelamatkan mobil dengan dibantu warga setempat, mobil yang mengapung di genangan air underpass itu ditarik ke pinggir menggunakan bantuan kendaraan warga setempat yang diikat tali.

 

Arman mengaku, dirinya tidak mengetahui kondisi jalan, apalagi underpass itu tergenang air.

Menurut Dia, untuk melintasi jalan itu hanya mengikuti petunjuk arah dari aplikasi Map (peta) di ponselnya. "Saya kira genangan airnya tidak dalam," ujar Arman, Selasa (12/2), ketika tengah memperbaiki kendaraannya di halaman rumah warga di sekitar underpass itu.

 

Sementara, Plt Kepala Dinas Perhubungan Lahat, Indarmansyah menyayangkan, kembali terjadinya kendaraan yang terjebak di underpass yang memiliki panjang sekitar 170 meter itu. Padahal rambu pemberitahuan sudah dipasang di dua titik masuk underpass.

 

"Sudah kita pasang ban maupun bambu,  sebagai penghalang agar kendaraa tidak melintas. Sayangnya, banyak yang dilepas orang. Dan, kami akan pasang lagi rambu penghalangnya," tukas Indarmansyah. [irm]

 


Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00