ISNU Palembang Harus Jadi Role Model Organisasi Lain

Ragam  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 19:59:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

ISNU Palembang Harus Jadi Role Model Organisasi Lain

Gubernur Sumsel Lantik ISNU Palembang / RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) adalah organisasinya para intelektual dan dari berbagai latar belakang pendidikan.

Ketua ISNU Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru, organisasi ini, khususnya ISNU Kota Palembang yang hari ini, Selasa (12/2/19) baru dilantik, harus menjadi role model bagi organisasi lain yang ada di Provinsi ini.


"Syarat masuk ke ISNU memang harus sarjana. Jadi semua masuk kategori intelek ada di ISNU," ungkapnya usai melantik Pengurus Cabang ISNU Kota Palembang periode 2018-2024, di hotel Swarna Dwipa Selasa (12/2/19).

Pria yang menjabat Gubernur Sumsel ini juga mengatakan, ISNU memiliki tanggung jawab yang lebih dibanding organsiasi-organisasi manapun. Maka, ketika karya itu baik maka itu sudah menjadi tanggung jawab tetapi jika tidal baik siap-siap menerima hujatan.

"Jadi jangan berharap sebuah pujian, karena jika mereka sudaj berbuat baik, itu memang sudah menjadi tanggung jawabnya dan harus berbuat lebih baik lagi kedepan, agar mendapat pengakuan dan reward dari masyarakat,"  imbuhnya.

Lebih dari itu, sambung mantan Bupati OKUT dua periode ini, setelah dilantik hari ini, seluruh pengurus ISNU punya tugas mulia, yakni untuk mengedukasi bagi orang yang disekitar anggota.

"Tugas penting ISNU adalah, bagaimana oengurus maupun anggota mengedukasi masyarakat. Salah satu contohnya adalah, saat ini sedang masuk tahapan Pemilu, jadi ISNU bisa memberikan edukasi terkait pentingnya Pemilu. Karena kelancaran proses demokrasi ini juga menjadi tugas ISNU," tuturnya.

Lebih lanjut dismpaikan HD, harus dipahami oleh seurih anggota, meski tidak memiliki tugas secara formal oleh Pemerintah, ISNU berdiri juga memiliki tanggung jawab terhadap persoalan yang dialami Pemerintah.

"Kita memiliki tanggung jawab moril sebagai salah satu  organisasi intelektual di Indonesia. Artinya ISNU harus jadi penggagas dan dapat ditiru oleh organisasi lain dalam hal kebaikan," tandasnya.

Sementara itu, Ketua ISNU Kota Palembang, Ratu Dewa siap menjalankam amanah seperti yang disampaikan ketua Pimpinan Wilayah ISNU Sumsel.

"Ada beberapa program bersama antara ISNU Kota Palembang dan Sumsel, siap dilaksanakan bersama. Termasuk beberapa program sosial seperti bedah rumah, dan rencana pembuatan Universitas NU," ungkapnya

Lebih lanjut disampaikan Dewa, untuk program jangka pendek, ISNU Kota Palembang akan bentuk konsolidasi ketingkat kelurahan-kelurahan, khususnya di Kota Palembang.

"Konsolidasi menajdi hal penting dalam melaksanakan setiap program. Untuk itulah, hal utama yang akan kita lakukan adalah, bentuk konsolidasi ketingkat kelurahan-kelurahan," terangnya. [irm]



Komentar Pembaca