Percha Leanpuri Ajak Siswa Gemar Membaca

Oleh: Edwinsyah

Sosial  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 18:20:00 WIB

Percha Leanpuri Ajak Siswa Gemar Membaca

Percha Leanpuri/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Duta Literasi Provinsi Sumatera Selatan Hj Percha Leanpuri mengajak para pelajar di Bumi Serasan Sekundang untuk gemar membaca. Hal ini diungkapkannya saat menjadi pembicara dalam acara Sumsel Membaca 2019 dengan mengangkat tema Menuju Sumsel Cerdas”. Kegiatan berlangsung di GOR Pancasila Muara Enim, Selasa (12/2).

Pada acar tersebut, turut dihadiri Asisten III Pemprov Sumsel Edwar Juliartha, Sekda Muara Enim H Hasanudin, Ketua MKKS SMA Muara Enim H Darmadi, Ketua MKKS SMK Misniati, guru SMA dan SMK di Kabupaten Muara Enim, dengan peserta ribuan pelajar tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Muara Enim.

Sebagai Duta Literasi Sumsel, Percha mengaku memiliki tanggung jawab yang besar untuk mendorong dan memotivasi semua pemuda, bahkan kalangan masyarakat dalam rangka mewujudkan program Sumsel maju, terutama di dunia pendidikan.

"Sebagi pemuda, kita mesti semangat. Tunjukkan jati diri dan kemampuan, salah satunya dengan membangkitkan literasi minat baca. Karena ini sangat menunjang masa depan kita semua. Dan pada intinya membaca dapat memperkaya ilmu pengetahuan,” ucap anak dari Gubernur Sumsel H Herman Deru tersebut.
       
Dalam kesempatan yang sama, Percha turut mengukuhkan empat Duta Literasi Kabupaten Muara Enim. Kesemuannya merupakan pelajar SMA dan SMK di Muara Enim. Kepada Duta Literasi kabupaten ini, Percha berharap, mereka segera bertugas untuk mengajak masyarakat gemar membaca.
       
Sementara itu, Sekda Muara Enim, H Hasanudin mengatakan, gerakan literasi merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI guna mencapai salah satu dari sembila nawacita, yaitu revolusi karakter bangsa. Tujuannya, menumbuhkan minat baca dan keterampilan membaca peserta didik, serta mengembangkan nilai-nilai budi pekerti.
       
"Budaya baca harus kita kembangkan dari masa ke masa. Karena perkembangan teknologi informasi terus berkembang pesat. Maka, anak-anak harus mengikutinya. Ini wajib,” ucap Sekda, saat sampaikan sambutan.
       
Apalagi, tambah Hasanudin, di tangan anak-anak sekarang masa depan ditentukan. Mereka ini yang bakal menggantikan posisi para pejabat di Indonesia, khususnya Sumsel dan Kabupaten Muara Enim.

"Memang tidak semua anak bisa serta mau membaca dan menulis. Namun ini tuntutan zaman. Melalui acara ini, saya berharap akan tumbuh kembang keinginan membaca dan menulis,” tukasnya.[sri]

Komentar Pembaca