Jangan Mepet Urus Pindah Milih !

Oleh: Muhammad Wiwin

Politik  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 16:36:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Jangan Mepet Urus Pindah Milih !

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dan Relawan Demokrasi (Relasi) Basis Demokrasi menggelar sosialisasi Pemilu 2019 bersama insan pers yang bertugas di Bumi Sebimbing Sekundang, Selasa (12/2).

Beberapa hal yang disosialisasikan diantaranya, perihal pentingnya memilih, tanggal pemilihan, tata cara mencoblos, macam-macam surat suara, dan hal lain yang berkaitan dengan Pemilu 2019. Termasuk soal urus pindah memilih.

"Yang mau pindah milih, ada formulir A5. Ini harus segera diurus. Karena form itu berkaitan dengan surat suara yang akan disediakan," ujar Dony Mardiyanto, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, PP, Parmas dan SDM.

Di kesempatan itu, Dony menghimbau warga yang akan pindah milih untuk segera mengurus dan jangan menjelang atau mendekati hari H pemilihan.

"Ya. Nanti yang bersangkutan akan kesulitan dengan tujuan tempat memilihnya. Karena itu tadi, ini berkaitan dengan ketersediaan surat suara," sebutnya.

Batasan pengurusannya, sambung Dony, sebetulnya pada 17 Februari ini. Meski begitu, pada 17 Maret akan ada perbaikan.

"Kami akan merekap data yang pindah milih. Termasuk yang akan milih di kabupaten kita," imbuhnya.

Pihaknya mengharapkan yang pindah memilih bukan lintas Kecamatan. Tapi jarak yang berdekatan saja.

Bagaimana kalau yang sedang tugas atau berada di luar kota. Seperti ada anak yang kuliah di Jogya, misalnya. Soal ini kata Dony, sudah ada contohnya.

"Orang tuanya bawa KK dan KTP untuk dimintakan form A5. Dan anaknya mesti tahu tempat memilih disana. Jadi koordinasi dengan desa atau kecamatan setempat. Tapi, mereka nanti hanya dapat surat suara yakni Pilpres saja," tandasnya. [sri]


Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00