Perantau Tetap Bisa Memilih di Lubuklinggau, Jika.............

Oleh: Sri Prades

Politik  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 15:40:00 WIB

Perantau Tetap Bisa Memilih di Lubuklinggau, Jika.............
RMOLSumsel. Untuk menjamin hak setiap pemilih KPU Lubuklinggau memberikan kemudahan agar bisa menyalurkan hak suara diluar domisilinya, mulai antar kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota hingga Provinsi.

Ketua KPU Lubuklinggau, Topandri menyampaikan,pihaknya akan memberikan kemudahan pindah memilih agar bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sedang menimba ilmu di Kota Lubuklinggau, baik dari Kabupaten Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara), Empat Lawang, hingga daerah tetangga lainya. Termasuk yang berasal dari Provinsi Bengkulu.

Kita melaksanakan Rakor  untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan pengerjaan data pemilih yang masuk dalam DPK dan DPTb untuk dikerjakan dalam aplikasi Sidalih,"jelas Topandri.

Dikatakannya, untuk memilih di luar domisili pemilih harus mengurus persyaratan, yakni mengurus formulir A5. Formulir A5 ini, lanjutnya bisa didapatkan melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa/Kelurahan dimana wilayah memilih.

Kami imbau agar segera mengambil surat pindah memilih atau formulir A5, minta dari asal wilayah masing-maing. A5 dibatasi tanggal 17 Febuari karena akan dimasukan dalam Sidalih (Sistem informasi pemilih, red),”imbuhnya.

Seperti, jika ada Mahasiswa dari Kabupaten Mura, tentu akan dapat empat surat suara, minus surat suara untuk DPRD Kota Lubuklinggau. Bahkan bila pemilih berasal dari Kabupaten Empat Lawang, mereka hanya dapat dua surat suara, yakni Pilpres dan DPD RI.

Sementara surat suara untuk DPR RI , DPRD Provinsi dan DPRD Kota Lubuklinggau mereka tidak dapat, karena asal mereka dari daerah pemilihan (Dapil) beda. Kalau pemilih dari Provinsi Bengkulu, mereka hanya dapat satu surat suara untuk Pilpres saja, karena beda Dapil,”pungkasnya. [sri]


Komentar Pembaca
Nada Dari Nadi Dhani

Nada Dari Nadi Dhani

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 19:00:00

Hilmar Farid - Kebudayaan Bab II (Bag.2)

Hilmar Farid - Kebudayaan Bab II (Bag.2)

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 10:00:00

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

SENIN, 28 JANUARI 2019 , 08:43:00

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:58:00

IBADAH IMLEK

IBADAH IMLEK

SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:10:00