50 Tahun Tidak Bertemu

Kasmatu Palembang Angkatan 69 Adakan Reuni EMAS

Sosial  SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 19:50:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Kasmatu Palembang Angkatan 69 Adakan Reuni EMAS
RMOLSumsel. Kemajuan begitu dirasakan oleh beberapa alumni SMA Negeri 1 Palembang angkatan tahun 1969, saat mendatangi kembali sekolah yang sudah tidak diinjakkan sekitar 50 tahun.

Sekolah yang dulu menjadi SMA Negeri pertama di Kota Palembang, kini sudah berubah lebih baik dengan berbagai fasilitas memadai untuk menunjang pendidikan para calon pemimpin bangsa.

Artinya, ungkap panitia reuni EMAS Keluarga Alumni SMA Satu (Kasmatu) angkatan 69, Khairul Kalani, kedepan sekolah tersebut harus melahirkan produk yang jauh lebih baik dari angkatannya.

"Dulu saja angkatan 69, 80% anak-anaknya bisa berhasil menyelesaikan studinya dan menduduki posisi-posisi penting di republik ini. Kami berharap, kedepan alumni SMA Negeri 1 dapat lebih baik. Apalagi saat ini semuanya telah ditunjang dengan fasilitas pendidikan yang baik, guru-guru yang terbaik," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Khairul, rasa bangga tidak dapat diungkapkan alumni saat kembali berkunjung ke almamater yang sudah membesarkan para alumni. Dimana, kualitas dari SMA Negeri 1 Palembang saat ini benar-benar luar biasa.

Mulai dari tenaga pengajar yang saat ini mayoritas hampir semuanya lulusan Strata Dua (S2).

"Dulu guru kami paling tinggi BA dan DRS dulu sudah sangat luar biasa. Jadi kami lihat sekolah kami dulu sudah demikian hebatnya dan tentunya kami sebagai alumni merasa bangga melihat sekolah kami dulu," ulasnya.

Kedepan, Khairul juga berharap, alumni SMA Negeri 1 dapat membanggakan almamternya sama seperti angkatan 69. Dimana, alumni dapat menjadi bagian-bagian penting di Indonesia.

"Kami berharap alumni kedepan bisa menguasai pemerintahan, dengan menjadi pejabat-pejabat penting seperti Presiden dan Menteri," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Khairul menerangkan, kegiatan reuni EMAS yang dilaksanakan hari ini, Senin (11/2/19), menjadi silaturahmi antar alumni.

Dimana, reuni EMAS Kasmatu diadakan hari ini dan akan dilaksanakam puncak kegiatan yang dilaksanakan di Jakarta pada bulan November 2019.

"Reuni EMAS ini kita adakan hari ini di Palembang dan Jakarta. Dimana, untuk kegiatan di Palembang, kita mengadakan beberapa kegiatan seperti mengunjungi almamter dan menyantuni para guru yang saat ini masih ada," ungkapnya.

Meski sudah lebih dari 50 tahun tidak bertemu, tidak membuat puluhan alumni SMA Negeri 1 Palembang angkatan 69 melupakan satu sama lain. Pertemuan alumni yang dilaksanakan hari ini, Senin (11/2/19), membawa mereka untuk mengingat masa-masa sekolah dulu.

Meski hampir semuanya telah memasuki usia diatas 70 tahun, antar alumni tetap dapat mengingat apa saja yang pernah dialami di masa sekolah dulu.

"Tidak hanya mengundang pada alumni angkatan 69, kita juga akan mengundang lintas angkatan, termasuk senior-senior kita seperti mantan Gubernur Sumsel H. Ramli Hasan Basri dan alumni kita yang sukses di ADB (Asian Depelopment Bank)," ulasnya.

Sementara itu, panitia pelaksana reuni Emas Kasmatu Angkatan 69, Edi Kusuma menerangkan, kegiatan reuni emas yang dilaksanakan hari ini, merupakan kegiatan untuk menghimpun seluruh alumni SMA Negeri 1 angkatan 1969 yang ada di Palembang maupun yang ada di daerah lain di Indonesia.

"Hari ini adalah kegiatan awal untuk menghimpun para sahabat kami yang ada di Palembang, untuk mengadakan reuni emas yang dilaksanakan di Palembang dan Jakarta. Untuk di Palembang, kegiatan puncak dilaksanakan hari ini dan untuk di Jakarta akan dilaksanakan tanggal 24 November 2019," terangnya.

Edi menambahkan, reuni EMAS yang dilaksanakan Kasmatu angkatan 69, wujud dan dorongan seluruh alumni untuk dapat bersilaturahmi.

Seperti yang dilakukan para panitia di Palembang, bapak Jalili Senen dan Drs. RHM Mansyuryan yang begitu aktif melakukan penghimpunan seluruh alumni.

"Alhamdulillah, dari penhimpunan yang dilakukan, insha allah kita akan melaksanakan kegiatan reuni akbar untuk alumni SMA Negeri 1 Palembang, angkatan 69," terangnya.

Ketua Pelaksana Reuni EMAS Kasmatu 69, H. Jalili Senen menyampaikan, untuk di Palembang ada beberapa kegiatan, seperti penghimpunan para alumni, untuk kemudian dilaksanakan beberapa kegiatan seperti Musi Tour, kunjungan ke SMA Negeri 1 Palembang dan nanti akan diadakan reuni akbar yang dilaksanakan di Jakarta pada 24 November 2019.

"Sudah 50 tahun kita tidak bertemu dan hari ini kita kembali berkumpul untuk temu kangen dan menikmati kehidupan masa tua bersama-sama melalui kegiatan reuni," sampainya.[sri]




Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00