Penting Kelola Gas Buang Jadi Energi Listrik

Ekonomi  SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 19:35:00 WIB | LAPORAN: DEDE SUHEN

Penting Kelola Gas Buang Jadi Energi Listrik

Walikota Prabumulih, H Ridho Yahya/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Pemerintah Kota Prabumulih terus berupaya memaksimalkan sumber daya mineral (SDM) di Kota Prabumulih. Tak hanya SDM siap pakai, Pemkot Prabumulih juga tengah mengkaji pemanfaatan limbah agas atau gas buang.

"Mengenai gas buang, itu juga ada yang menawarkan. Lihat di Desa Karangan, sayang terbuang-buang saja," ujar Walikota Prabumulih, H Ridho Yahya, Senin (11/2).

Jika perlu, kata Ridho, nanti bisa dimanfaatkan dan bisa mensubsidi biaya rumah tangga masyarakat menjadi lebih murah."Yang ada alatnya bukan kita, kalau kita tidak mengerti, istilahnya gas buang," ungkapnya.

Pemanfaatan gas buang sendiri, kata Ridho merupakan usulan dari dirjen Kementerian ESDM beberapa waktu lalu saat meninjau Desa Karya Mulia.

"Beliau menyampaikan kalau lampu sering mati apa salahnya kita mendirikan perusahana listrik menggunakan gas, Prabumulih banyak gas tapi khusus skala Kota Prabumulih," terangnya.

Setelah dilakukan kajian, tutur Ridho, pemanfaatan gas buang belum bisa dimaksimalkan di Prabumulih lantaran pihak ketiga dalam hal ini PLN belum bisa menampung daya tersebut akibat surplus.

"Sebenarnya kita bisa mengalokasikan daya besar lagi asal PLN siap menampungnya. Tapi PLN katanya sudah surplus daya itu jadi masalahnya," tuturnya.[sri]



Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00