Bilang Motor Custom Mahal, Kenali Modifikasinya

Laporan : Irmayani

Lifestyle  SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 17:17:00 WIB

Bilang Motor Custom Mahal, Kenali Modifikasinya

Motor Custom Palembang / RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Bagi pecinta sepeda motor, membuat tungganganya tempil beda bisa jadi kegemaran untuk mewakili jiwa pemiliknya.

Motor custom semakin diminati, namun kondisi ini sering di patahkan dengan harga yang dinilai selangit. Tapi, untuk harga bisa tergolong relatif jika mengenali jenis dan modifikasinya. Sebagai contoh motor yang dimiliki Presiden Jokowi merupakan jenis motor custom Bobber dan Choper.

Salah satu Owner Beast Custom Palembang, Azhar Hikmawan mengatakan, custom motor meliputi perubahan bentuk bodi dan juga rangka yang dibuat sedemikian rupa tanpa menyampingkan aspek keamanan dan kenyamanan. "Karena saat ini masih banyak yang beranggapan motor custom itu mahal, tapi setelah tau jenis modifikasinya, mahal bukan lagi jadi perhitungan terlebih bagi pecinta motor custom itu sendiri, " jelasnya.

Dia menjelaskan, kisaran harga untuk motor Rp 15- Rp 20 Juta sedangkan untuk modifikasi dengan kisaran Rp 10- Rp 30 juta. Peminat motor custom ini dari berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Sedangkan model yang menjadi primadona yakni Japsyle dan Caferacer.

Beast Custom Palembang yang berada di jalan Panjaitan Lr Lama No 686 Plaju ini mengaku, untuk modifikasi motor dan custom culture memang tidak ada habisnya. Setiap tahun selalu muncul tren-tren modifikasi baru yang memukau dengan tampilan yang menggoda.

Tren aliran modifikasi motor custom sendiri ada banyak macamnya. Kadang kita sedikit kesulitan membedakan jenis dan aliran modifikasinya Tidak sedikit juga aliran yang karakter desainnya mirip tapi sebenarnya berbeda. "Karenanya sebelum memulai modifikasi gede-gedean atas motormu, ada baiknya kenali dulu masing-masing aliran modifikasi motor yang ada. Lalu pilih mana yang paling pas untukmu," jelasnya

Untuk jenis yang paling banyak diminati, seperti Cafe merupakan aliran motor dengan konsep bergaya motor balap zaman dulu. Ciri khas yang paling menonjol dari aliran ini adalah stang jepit yang otomatis membuat posisi badan lebih menunduk ketika berkendara layaknya motor balap. Ciri lainnya adalah jok yang rendah, dengan bentuk bagian belakang yang melengkung ke belakang dan ke atas seperti ekor tawon. Desain jok dan lampu depan biasanya juga khas. Sangat retro.

Sekilas, caferacer memiliki bentuk yang mirip dengan aliran Scramble, yang membedakan adalah bentuk stang dan jenis ban yang digunakan. Motor caferacer menggunakan setang underyoke atau di bawah segitiga (fork) yang membuat pengemudinya agak sedikut menunduk ketika berkendara seperti menggunakan motor balap. "Sedangkan scramble menggunakan setang model biasa seperti motor sport pada umumnya," tembahnya.

Sedangkan untuk Jap’s Style dengan ciri khas ada di tangki semi trail yang menyerupai motor Harley Davidson dengan versi mininya. Bisa mengenali model ini dari joknya yang bertipe single seater yang dibuat lebih tipis dan posisinya lebih rendah dari tangki. Motor ini menggunakan stang semi hanger, lampu depan dan belakang kecil dan pemilihan ban yang besar dan lebar, membuatnya lebih stabil dan mantab ketika digunakan untuk berkendara.

"Sama seperti caferacer, Jap's style dirancang untuk digunakan dijalan beraspal, jadi hanya menggunakan ban dengan kontur biasa, namun dengan ukuran ban yang lebih besar di ban belakang,"pungkasnya. [irm]



Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00