Awas..Cuaca di Gunung Dempo Sedang Ekstrem

Daerah  SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 11:57:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Awas..Cuaca di Gunung Dempo Sedang Ekstrem
RMOLSumsel. Sejak awal Januari 2019 sampai saat ini terpantau; memang kondisi cuaca di Puncak Gunung Dempo dan Puncak Gunung Api Dempo (GAD) Kota Pagaralam sedang ekstrem.

Kondisi ini didadapat dari rekaman alat Siesmograf yang ada di Pos Pemantau GAD Pagaralam. Bahkan berdasarkan pantauan visual dan alat Siesmograf di Puncak GAD sering terjadi badai. Kabut dan angin kencang terus terjadi selama beberapa minggu terakhir ini.

Demikian diungkapkan Petugas Pos Pemantau GAD Megian Nugraha, Senin (11/2). Menurutnya, kondisi cuaca di Puncak Dempo memang sangat ekstrem. Hujan disertai angin kencang terus terjadi, bahkan saat pagi hari kabut tebal sering menyelimuti puncak Dempo.


"Cuaca memang sedang ekstrem di puncak Dempo. Hal ini terlihat dari rekaman alat siesmograf yang seting nois," ujarnya.


Selain itu, berdasakan pantauan visual dari lokasi Pos Pemantau GAD, memang kabut terus menyelimuti Puncak GAD.


"Badai dan angin bisa kita pantau dari alat Siesmograf, namun untuk kabut bisa kita lihat secara visual dari pos pak," katanya.


Saat ditanya kondisi suhu udara di Puncak GAD saat ini, ia  tidak bisa memastikan. Pasalnya alat Siesmograf tidak bisa mengukur suhu di atas.


"Kita belum memiliki alat pengukur suhu diatas sana yang bisa terhubung dengan pos pemantau. Namun jika dilihat dari suhu yang ada dikawasan Pos pemantau, saat pagi hari suhu bisa mencapai 18 derajat. Diperkirakan dipuncak bisa dibawah 13 derajat selsius," jelasnya.


Terkait apakah korban yang terkana Hipotermia disebabkan olah dinginnya suhu di Puncak GAD, ia juga tidak bisa memastikan. Pasalnya kebanyakan pendaki yang terkena Hipo disebabkan oleh fisik dan daya tahan tubuh yang memang tidak bisa beradaptasi dengan perubahan suhu.


"Tidak semua penyebab hipo karena suhu di atas yang terlalu dingin. Biasanya juga disebabkan faktor kondisi tubuh pendaki yang tidak fit atau tidak bisa langsung beradaptasi dengan perubahan suhu," jelasnya. [ida]



Komentar Pembaca