Menuju Perusahaan Berkelas Dunia, Pertamina Pastikan Aspek HSSE

Ekonomi  SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 10:55:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Menuju Perusahaan  Berkelas Dunia, Pertamina Pastikan Aspek HSSE
RMOLSumsel. Dalam usahanya mewujudkan visi menjadi Perusahaan Energi Berkelas Dunia, Pertamina terus memastikan aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) sebagai salah satu pilar utama.

Mengusung semangat Pertamina One, Refinery Unit III Plaju dan HSE Training Center Sungai Gerong bersinergi memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) 2019 dengan tema "Wujudkan HSSE Beyond Culture for Business Sustainability".

HSSE adalah budaya, kebiasaan, dan nilai-nilai yang harus menjadi dasar dalam setiap kegiatan insan Pertamina dari hulu ke hilir. Karenanya, setiap tahun kami pasti memperingati Bulan K3 dengan melakukan penyegaran kembali tentang aspek HSSE dengan cara-cara yang beragam dan menarik agar Zero Fatality dapat tercapai,” jelas General Manager RU III Plaju, Yosua I M Nababan.

Seluruh lini mulai dari manajemen hingga pekerja diharapkan senantiasa mengimplementasikan aspek HSSE. Karenanya dalam pembukaan ini, Manajemen RU III dan HSE TC turut mendemonstrasikan salah satu upaya respon keadaan darurat yakni memadamkan kebakaran. Pada kesempatan ini, Pertamina juga mengenalkan sekaligus menguji produk Research and Technology Center (RTC) Pertamina, Pertasurf 31.

Pertasurf 31 merupakan hasil riset terkini dari RTC yang berfungsi untuk memadamkan api yang dipicu oleh cairan mudah terbakar, seperti minyak mentah dan produk bahan bakar minyak. Sebelumnya sudah sempet uji coba juga di HSE TC, dan hasilnya memuaskan,” tambah Yosua.

Pertasurf 31 sendiri adalah fire fighting foam yang terbuat dari bahan aman dan ramah lingkungan serta memiliki tiga (3) fungsi utama, yakni Aqueoe Film Forming Foam (AFFF) atau fire fighting foam, Oil Spill Dispersant (OSD), dan Degreaser atau biasa digunakan untuk membersihkan tanki.

Hasil uji coba Pertasurf 31 akan terus dilanjutkan, rencananya masih akan dikembangkan  dan diuji coba di fasilitas Pertamina lainnya,” kata HSE TC Manager, Yulius S. Bulo. [ida]

Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

KAMIS, 11 JULI 2019 , 17:38:25

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00