Prabowo dan Jokowi Dapat Limpahan Suara

Politik  MINGGU, 10 FEBRUARI 2019 , 20:15:00 WIB

Prabowo dan Jokowi Dapat Limpahan Suara

net

RMOLSumsel. Tak semua pemilih parpol memilih capres yang diusung parpol. Buktinya dari survei Celebes Research Center (CRC), Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat limpahan suara dari pemilih partai pengusung dan pendukung Joko Widodo-Maruf Amin. Begitupun sebaliknya.

Hasil survei Celebes Research Center (CRC) menunjukkan 31% pemilih PPP, 20,7% pemilih Nasdem dan 27,8% pemilih Golkar memilih Prabowo-Sandiaga. Selain itu, Prabowo-Sandi juga dipilih oleh 4,7% pemilih PDIP, dan 15,4% pemilih PKB.

"Survei dilakukan 23-31 Januari 2019 dengan melibatkan 1.200 responden dengan metode penarikan sampel multistage random sampling. Margin of error survei plus minus 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95,0 persen. Sampel diambil dari 34 provinsi di Indonesia," kata Direktur Eksekutif Celebes Research Center, Herman Heizer di restauran Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/2).

Hasil survei juga memotret jika 74,4% pemilih PKB, 92,25 pemilih PDIP, 66,7% pemilih Golkar, 75,9% pemilih Nasdem, dan 48,3% pemilih PPP, memilih Jokowi-Maruf. Sisa dari total masing-masing pemilih partai yang memilih Jokowi-Maruf ditambah yang memilih Prabowo-Sandi, menjawab tidak tahu dan tidak memberikan jawaban.

Pemilih partai pendukung yang konsisten memilih Jokowi-Maruf adalah partai Hanura. 100% pemilih partai besutan Oesman Sapta Odang itu memilih Jokowi-Maruf. Tetapi sayangnya, berdasarkan survei periode yang sama, Partai Hanura tidak lolos parlemen threashlod karena tingkat keterpilihannya hanya 0,8% atau bernasib sama dengan Partai Nasdem dan PPP yang sama-sama mendapat suara 2,8%.

Prabowo-Sandi juga mendapat limpahan suara dari pemilih partai pendukung Jokowi-Maruf non parlemen. Suara terbesar untuk Prabowo-Sandi berasal dari PBB dan Perindo. Pemilih masing-masing partai yang memilih Prabowo-Sandi sebanyak 50% dan 16,7%. Bahkan, berdasarkan survei CRC ini, PSI yang para pengurusnya kerap mengidentikkan diri sebagai partainya Jokowi, 50% pemilihnya memilih Prabowo-Sandi.

Di kubu sebelah, pemilih Demokrat paling banyak yang tidak memilih Prabowo-Sandiaga. Sebanyak 39% pemilih partai besutan SBY itu memilih Jokowi-Maruf, disusul PKS dimana 25% pemilihnya juga memilih capres-cawapres nomor urut 01 itu. Lalu, pemilih Gerindra dan pemilih PAN yang memilih Jokowi-Maruf masing-masing sebesar 10,4% dan 21,7%.

"86,6 persen pemilih Gerindra, 71,2 persen pemilih PKS, 69,6 persen pemilih PAN dan 50 persen pemilih Demokrat memilih Prabowo-Sandi. 100 persen pemilih Berkarya memilih Prabowo-Sandi," demikian slide hasil survei CRC, diberitakan RMOLNetwork.[sri]











Komentar Pembaca