Generasi Muda Harus Miliki Optimisme-Keberanian-Kerja Keras

Ekonomi  MINGGU, 10 FEBRUARI 2019 , 12:32:00 WIB

Generasi Muda Harus Miliki Optimisme-Keberanian-Kerja Keras
RMOLSumsel. Presiden Joko Widodo  (Jokowi) hadir di Festival Terampil Tahun 2019 yang digelar di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka kemarin. Kepala Negara pun menyampaikan banyak pesan, guna memotivasi generasi muda yang ingin menggeluti dunia usaha.

Presiden menyebut tiga hal utama yang harus dimiliki generasi muda sekarang  yaitu Optimisme, Keberanian, dan Kerja Keras. Ketiganya menurut mantan pengusaha mebel ini, berguna untuk mengasah keahlian dalam memanfaatkan peluang usaha yang ada.

"Saya ingin anak-anak muda kita jangan sampai gampang mengeluh kalau menghadapi sebuah persoalan, hambatan-hambatan. Karena di situlah sebetulnya kita bisa belajar banyak dari sebuah masalah," kata Jokowi yang belajar dari perjuangannya dahulu dalam merintis usaha.

Menurutnya, apabila tiga hal utama tersebut dimiliki, generasi muda bangsa ini yang dipenuhi dengan segala kreativitas sudah mampu bersaing dan bersanding dengan sejumlah usaha besar dari mancanegara.

Apalagi dia pernah menyaksikan sendiri bagaimana usaha yang dirintis sejumlah anak muda Indonesia dapat mengimbangi merek-merek global yang sudah terlebih dahulu hadir.

"Saya (pernah) masuk ke sebuah outlet Tuku Kopi. Pemiliknya masih sangat muda. Mau masuk saja antre. Mau masuk gerainya itu antre. Ya sudah, saya ikut antre. Saya beli, saya coba. Enggak kalah dengan brand asing. Artinya kita bisa melakukan itu," ungkapnya seperti dikutip dari JPNN, Minggu (10/2).

Dengan hanya bermodalkan Rp 18.000 ,  Jokowi yang berkunjung ke gerai tersebut pada pertengahan 2017, sudah bisa menikmati produk minuman kopi yang memiliki kualitas yang tak kalah dibanding produk luar negeri namun harus dibeli dengan harga empat kali lipatnya.

"Saya bisiki pemiliknya. Jangan hanya punya satu (gerai). Segera buka sebanyak-banyaknya. Kita harus berani. Kalau perlu jejerin itu brand asing. Beradu saja, berani enggak? Saya yakin kamu yang menang," tutur suami Iriana.

Mantan Walikota Solo itu menyadari, dari sejumlah usaha minuman kopi lainnya yang memang dirintis oleh anak muda, terlihat bahwa kreativitas yang mereka dimiliki menjadi keunggulan tersendiri. Namun dia berpesan bagi yang ingin membuka usaha, jangan malu untuk memulainya dari kecil.

"Jangan merasa rendah dalam kita bekerja. Enggak perlu tergesa-gesa. Tapi menurut saya masa depan itu milik orang-orang yang berani, milik orang-orang yang mau bekerja keras," tambahnya.

Festival Terampil adalah wadah bagi anak-anak muda yang ingin mengasah keterampilan. Dalam forum ini, para peserta akan dipertemukan dengan sejumlah wirausahawan muda dan para praktisi. Mereka juga bertukar pikiran dengan para peserta lainnya yang juga sedang merintis usaha.


Festival tersebut menghadirkan 5 kelas diskusi yang berguna bagi pengembangan awal usaha yang biasanya digawangi anak-anak muda. Kelimanya ialah kelas bisnis digital, kelas make up, kelas fesyen, kelas kopi, dan kelas fotografi. [ida]

Komentar Pembaca