Polres Lahat Amankan 390 Batang Ganja

Gagal Tanam Sayuran, Warga Lahat Ini Nekat Tanam Ganja

Kriminal  JUM'AT, 08 FEBRUARI 2019 , 20:44:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Polres Lahat Amankan 390 Batang Ganja

Polisi Amankan Batang Ganja / RMOLSUMSEL

RMOLSumsel.  Personil kepolisian Polres Lahat mengamankan 390 batang ganja berumur 4,5 bulan setingga 2 meter pada penggerebekan kebun ganja di kawasan Desa Gelung Sakti, Kecamatan Pajar Bulan, Kabupaten Lahat, Kamis (7/2) tengah malam hingga Jumat (8/2) dini hari.

Bersama barang bukti ratusan pohon ganja itu, polisi juga mengamankan tiga orang yang menjadi terduga sebagai pemilik dan membantu mengurus kebun dan mengedarkan ganja itu.


Kapolres Lahat, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ferry Harahap  melalui Kasat Narkoba Ajun Komisaris Polisi (AKP) Desli kepada wartawan mengutarakan, penggerebekan yang dilakukan pihaknya, setelah mendapat informasi dan keresahan masyarakat dengan keberadaan kebun ganja itu.


Maka pihaknya melakukan penggerebekan dan tiba di lokasi pada tengah malam. Setelah menangkap satu persatu pelaku yang diduga terlibat dan menemukan paketan narkoba jenis ganja di kediaman, kemudian menemukan ratusan pohon ganja tumbuh subur di ladang tak jauh dari desa itu.


" Warga sudah resah dan karena  informasi dari masyarakat, akhirnya bisnis yang  melibatkan sekeluarga besar ini dapat diungkap. Pelaku dan barang bukti sudah diamankan dikantor dan dua orang lagi masih DPO," kata Desli.


Terduga pelaku yang diamankan yakni Yay serta kedua saudaranya berinisial Her dan Dod yang diduga ikut terlibat.


Terduga Yay dibincangi wartawan mengaku banyak hutang setelah kalah mencalonkan diri sebagai kepala desa di desanya Gelung Sakti, Kecamatan Pajar Bulan, Kabupaten Lahat.


Kemudian Dia berupaya mrnanam sayuran seperti cabe dan tomat, namun usaha pertaniannya gagal. Kemudian Dia nekat nanam ganja untuk mendapatkan uang membayat hutang dan keperluan lainnya.


Yay yang merupakan pemilik ratusan batang pohon ganja yang ditanam di lahan semak belukar, berjarak sekitar 1 kilometer dari pemukiman warga atau sekitar 20 menit berjalan kaki. Sedangkan peranan Her yakni mencarikan pembeli, sedangkan Dod menjaga lahan yang kurang lebih setengah hektar tersebut. [irm]



Komentar Pembaca
#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 21:41:00

Unicorn Bukan Yunikon

Unicorn Bukan Yunikon

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Nada Dari Nadi Dhani

Nada Dari Nadi Dhani

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

SENIN, 28 JANUARI 2019 , 08:43:00

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:58:00

IBADAH IMLEK

IBADAH IMLEK

SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:10:00