Masih ada Anggota Dewan Belum Kembalikan Mobdin

Sosial  KAMIS, 07 FEBRUARI 2019 , 10:38:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Masih ada Anggota Dewan Belum Kembalikan Mobdin
RMOLSumsel. Kendati sudah mendapatkan tunjangan transportasi, ternyata masih ada sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan mantan belum mengembalikan kendaraan dinas berupan mobil dinas (mobdin).

Kendaraan dinas yang dipinjamkan pakai dari Pemerintah Provinsi Sumsel itu masih digunakan untuk kepentingan pribadi wakil rakyat tersebut.

Padahal sejak diberlakukannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 pada 2 Juni 2017 lalu, anggota DPRD  pimpinan diwajibkan mengembalikan kendaraan dinas yang sudah mereka gunakan sejak dilantik menjadi anggota. Dalam PP yang mengatur tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD tersebut, setiap anggota DPRD diberikan tunjangan transportasi yang jumlahnya mencapai sekitar Rp 15 juta per bulan.

Namun kenyataannya, sejumlah anggota DPRD Sumsel yang sudah mendapatkan tunjangan transportasi, masih menggunakan kendaraan dinas jenis minibus Innova tersebut. Kendaraan dinas itu digunakan untuk kepentingan pribadi bahkan para wakil rakyat itu menggantikan warna plat nomor kendaraan  yang awalnya merah sebagai kendaraan dinas menjadi hitam.

Mantan anggota DPRD Sumsel, Arkoni MD yang kini kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Sumsel mengakui, jika kendaraan dinas jenis Innova tersebut masih berada di tangannya dan belum dikembalikan ke sekretariat DPRD Sumsel. Kendaraan dinas belum dapat dikembalikan dikarenakan masih dalam kondisi rusak.

"Itu masih di bengkel karena rusak, jadi belum bisa saya kembalikan. Sudah 6 bulan ini belum selesai perbaikannya," kata Arkoni, Kamis (7/2).

Dari informasi yang dikumpul, sejak 2018 lalu, anggota DPRD Sumsel ini memang sudah mengembalikan kendaraan dinas yang sebelumnya dipinjamkan sejak mereka dilantik. Namun, ada sejumlah anggota dewan yang kembali meminjam kepada sekretariat DPRD Sumsel dengan alasan untuk kepentingan  partai bahkan untuk kepentingan pribadi dan hingga kini belum dikembalikan.

Sejumlah mantan dan anggota DPRD Sumsel yang belum mengembalikan kendaraan dinas sejak awal PP Nomor 18 tahun 2017 berlaku selain Arkoni, dan tiga anggota lainnya. Untuk tiga yang terakhir hingga saat ini masih duduk sebagai anggota DPRD Sumsel periode 2014-2019. [ida]

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00