Diksar di Puncak Gunung Dempo Mahasiswa UMP Tewas

Daerah  SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:30:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Diksar di Puncak Gunung Dempo Mahasiswa UMP Tewas
RMOLSumsel. Fatal dialami oleh seorang pendaki Puncak Gunung Api Dempo (GAD). Diduga akibat hipothermia,  pendaki yang berasal dari Kota Palembang tersebut meninggal dunia.


Informasi RMOLSumsel, korban adalah Firdaus (19) yang merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Fakultas Hukum Semester I. Ia merupakan warga Mesuji, Kabupaten OKI, yang tengah mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar)Kke-26 Brigade Mahasiswa Pecinta Alam Semesta (Brimpals) bersama 10 calon anggota Mapala lainnya

Namun, d ihari terakhir menjelang pelantikan calon anggota menjadi anggota muda, Senin (4/2), kondisi fisiknya drop dan membuat korban mengalami penurunan suhu tubuh (hipothermia).

Bayu,  Ketua BRIMPALS,  saat dibincangi  mengatakan bahwa kegiatan Diksar yang dilakukan oleh Brims Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah dimulau pada tanggal 26 Januari 2019 dengan total seluruh 26 orang mahasiswa.

Kita juga sudah melakukan SOP untuk seluruh peserta Diksar meliput keterangan sehat, riwayat penyakit, izin keluarga serta izin izin lain maupun dari Kampus dan kepolisian, dari tanggal 26 Januari kita sudah di Pagaralam,” terang Bayu.

Dijelaskan Bayu, kejadian yang menimpa anggotanya mendadak, diceritakan Bayu pada saat itu usai melakukan semua kegiatan di pelataran puncak Dempo dirinya beserta anggota beristirahat untuk makan lalu packing perlengkapan. Saat mau meninggalkan pelataran Dempo tiba tiba Firdaus tidak sadarkan diri.

Ceritanya sudah kami istirahat dan usai makan serta packing perlengkapan untuk pulang, Firdaus tiba tiba tidak sadarkan diri, kami spontan langsung melakukan P3K serta menghubungi Forpa dan warga Kampung 4 Pagaralam Selatan untuk dilakukan evakuasi. Korban langsung di evakuasi ke RSUD lebih kurang pukul 04:00 Wib dikabarkan sudah meninggal dunia, ” ungkapnya dalam duka.


Sekitar pukul 4 sore, Sambung Bayu tim evakuasi dari Forpa, dibantu warga mengambil alih proses evakuasi Firdaus. Namun, evakuasi yang terkendala cuaca ini baru selesai jam 3 dini hari dan langsung dibawa ke rumah sakit Besemah.

"Pada saat di periksa detak jantungnya dengan cara manual, masih berdetak. Namun saat diperiksa dengan alat digital, jantungnya sudah berhenti berdetak," ujarnya.

Sementara Kapolres Pagaralam AKBP Trisaksono Puspo Aji SIK Msi melalui Kapolsek Pagaralam Utara AKP Herry Widodo, membenarkan kejadian tersebut. Satu korban meninggal dunia salah satu anggota peserta Diksar dari Brigade Mahasiswa Pecinta Alam Semesta (BRIMPALS), Fakultas Hukum Muhammadiyah Palembang, ” terangnya.

Lanjut Kapolsek, korban meninggal diduga terserang Hipo dan tidak ada kekerasan fisik. Untuk sementara jenazah masih di RSUD Besemah, pihak keluarga korban sudah dihubungi dan dalam perjalanan.

Dugaan sementara terserang Hipo, kita masih memeriksa dan meminta keterangan dari saksi saksi, dari hasil pemeriksaan sementara tidak ditemukan adanya kekerasan fisik, ” pungkasnya. [ida]

Komentar Pembaca
#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 21:41:00

Unicorn Bukan Yunikon

Unicorn Bukan Yunikon

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Nada Dari Nadi Dhani

Nada Dari Nadi Dhani

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

SENIN, 28 JANUARI 2019 , 08:43:00

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:58:00

IBADAH IMLEK

IBADAH IMLEK

SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:10:00