Siapkan Relawan Tangguh..ACT Sumsel Ikut Diksar

On The Spot  SABTU, 02 FEBRUARI 2019 , 11:17:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Siapkan Relawan Tangguh..ACT Sumsel Ikut Diksar
RMOLSumsel. Akademi Relawan Indonesia besutan Masyarakat ReIawan Indonesia (ARI-MRI) bersama Disaster Management Institute of Indonesia (DMII) di bawah Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali mengadakan pelatihan dan pendidikan bagi 103 Relawan Siaga Bencana.

Kegiatan bertajuk Volunteer Camp Series: Disaster Management Basic Training (DMBT) ini bertujuan terus menguatkan dan membangun kesiapsiagaan relawan dalam mengambil peran di berbagai potensi kebencanaan di Indonesia.

Kita tidak berharap bencana akan hadir, tapi kita terus menyiapkan relawan yang siap diterjunkan dalam berbagai bencana alam yang dapat terjadi di kemudian hari,” kata Kepala ARI, Andri Perdana, Sabtu (2/2).

Andri menjelaskan bahwa event di Bengkulu ini merupakan Batch ke-V untuk wilayah Sumatera bagian Selatan. Sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan di Jawa bagian Barat, Jawa bagian Timur dan Sumatera bagian Utara.

Dia juga berharap, melalui Volunteer Camp Series DMBT, relawan tanggap bencana yang tangguh dapat tersebar di Indonesia.

Semoga Allah senantiasa meridhoi dan menguatkan langkah kita dalam berbagai aksi kemanusiaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ardiansyah Branch Manager ACT Sumsel menyambut baik kegiatan ini. Dirinya berharap output dari Diksar ini akan melahirkan para relawan tangguh yang siap terjun ke segala medan bencana.

"Saya berharap ini adalah awal, ke depan akan lebih intensif lagi dalam berbagai kelas yang diadakan oleh ARI," tegas Ardi dalam sambutannya.

Kegiatan Volunteer Camp Series DMBT kali ini diadakan 31 Januari " 3 Februari 2019 di Kepahiang, Bengkulu dan diikuti oleh relawan MRI-ACT dari berbagai Provinsi di Sumatera Riau, Sumbar, Sumsel, Lampung dan tuan rumah Bengkulu. ACT Sumsel mengirimkan 51 relawannya untuk mengikuti program ini.

Materi yang disajikan berupa ilmu kebencanaan dan penanganannya, disampaikan oleh oara narasumber kompeten berbagai instansi yang berhubungan dengan penanganan kebencanaan. Selain itu, ada juga materi teknis lapangan, rescue, kerelawanan, survival, serta long march. Semua materi diajarkan dengan konsep fly camp. [ida]



Komentar Pembaca
#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 21:41:00

Unicorn Bukan Yunikon

Unicorn Bukan Yunikon

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Nada Dari Nadi Dhani

Nada Dari Nadi Dhani

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

SENIN, 28 JANUARI 2019 , 08:43:00

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:58:00

IBADAH IMLEK

IBADAH IMLEK

SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:10:00