Kemendiknas-WVI Luncurkan Panduan Penguatan PPK

Sosial  RABU, 23 JANUARI 2019 , 13:45:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Kemendiknas-WVI Luncurkan Panduan Penguatan PPK
RMOLSumsel. Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) bersama Wahana Visi Indonesia (WVI) meluncurkan buku Panduan Praktis Penguatan Pendidikan Karakter Kontekstual (PPK) di Ruang Seminar Kemendiknas, Jakarta kemarin.

Buku ini merupakan instrumen percepatan implementasi penguatan pendidikan karakter di Indonesia.

Selain peluncuran buku, juga digelar seminar menghadirkan narasumber para Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dari kawasan 3T terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Indonesia yakni NTB, Papua, dan Nias.

Arie Budhiman, Staf Ahli Mendikbud Bidang Pembangunan Karakter,  mengatakan PPK merupakan salah satu prioritas pemerintah saat ini.

Sebab itu dalam siaran pers yang diterima hari ini, Rabu (23/1),  Arie mengapresiasi setiap pihak yang secara aktif memberikan kontribusi terhadap implementasi PPK utamanya di daerah 3T termasuk WVI.

Menurut Education Team Leader WVI Mega Indrawati, pihaknya sebagai yayasan kemanusiaan fokus anak turut, berupaya mendukung pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Salah satunya melalui program pendidikan karakter kontekstual di 18 wilayah dampingan WVI di wilayah 3 T.

Sejak berkecimpung di program pendidikan karakter kontekstual tahun 2009 pihaknya berhasil mendokumentasikan berbagai modul pelatihan dan buku panduan untuk para guru.

Pihaknya berinisiatif memformulasikan strategi penerapan pendidikan karakter kontekstual ke dalam versi yang lebih generik.

Diharapkan buku ini dapat menjadi salah satu rujukan bagi penggiat pendidikan dalam penerapan penguatan pendidikan karakter di skala nasional terutama di wilayah 3T. [ida]


Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00