Putin: AS Tegaskan Dominasi Di Balkan Saat Makedonia Ganti Nama

Ragam  RABU, 16 JANUARI 2019 , 23:47:00 WIB

Putin: AS Tegaskan Dominasi Di Balkan Saat Makedonia Ganti Nama
RMOL. Presiden Rusia Vladimir Putin angkat bicara dalam pertikaian tentang perubahan nama Makedonia. Dia menuduh Amerika Serikat dan sekutunya mendestabilisasi Balkan dengan menegaskan peran dominan mereka di wilayah tersebut.

Putin mengkritik apa yang dia gambarkan sebagai upaya yang disengaja untuk meningkatkan pengaruh Barat di bagian wilayah yang sejak lama berada di dalam orbitnya sendiri.

"Kebijakan Amerika Serikat dan beberapa negara barat lainnya di Balkan, yang berupaya menegaskan dominasi mereka di kawasan itu, telah menjadi faktor destabilisasi yang serius," kata Putin seperti dimuat The Guardian.

"Ini pada akhirnya akan meningkatkan ketidakpercayaan dan ketegangan di Eropa, daripada meningkatkan stabilitas." sambungnya.

Putin juga menyesalkan kebijakan ekspansi "destruktif" NATO di semenanjung Balkan yang secara historis bergejolak.

"Kami telah berulang kali mengatakan bahwa kami melihat ekspansi NATO sebagai peninggalan perang dingin, strategi militer dan politik yang kurang informasi dan merusak," katanya kepada surat kabar lokal.

Pekan lalu, anggota parlemen Makedonia mengesahkan perjanjian penting yang akan mengubah nama negara Balkan yang strategis, Republik Makedonia Utara dalam sebuah langkah yang sekarang membuka jalan bagi keanggotaan NATO.

Kesepakatan perubahan nama, yang dicapai setelah hampir 30 tahun berselisih dengan Yunani, diperkirakan akan diratifikasi oleh anggota parlemen di Athena dalam beberapa hari setelah pemungutan suara kepercayaan di parlemen Yunani. [mel]


Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00