Pasca Juara, Pesanan Gerga Pagaralam Meningkat

Ekonomi  RABU, 16 JANUARI 2019 , 15:35:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Pasca Juara,  Pesanan Gerga Pagaralam Meningkat

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Pasca dinobatkan sebagai  juara I sebagai buah hasil pertanian unggulan di Sumsel pada festival buah unggulan hasil pertanian yang  digelar  oleh DPD HA IPB bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel, Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Sriwijaya Post dan Tribun Sumsel di Halaman Griya Agung Palembang beberapa hari yang lalu.

Jeruk Gerga asal Pagaralam menunjukan kelasnya sebagai buah hasil pertanian yang menjadi Primadona di  tidak hanya bagi masyarakat Kota Pagaralam,namun juga dari berbagai Kota Provinsi lain.Terbukti,berkah dirasakan oleh petani dengan meningkatnya permintaan dari hari-hari biasanya.

Pantauan RMOLSumsel (16/1) sebanyak 4 ton  jeruk gerga Pagaralam dipesan khusus oleh konsumen asal Provinsi Bengkulu,

Sidarhan selaku petani mengatakan,bahawa ini merupakan kali pertama pesanan dengan jumlah yang sangat tersebut,karena dihari biasanya pesanan paling banyak hanya berkisar di 500-600 Kg dan tergantung dengan kebutuhan konsumen.

"Bisa saja ini merupakan berkah atau dampak dari festival kemaren sehingga jeruk Pagaralam banyak diminati oleh orang banyak,"ungkapnya dibincangi RMOLSumsel

Padahal menurutnya,Jeruk gerga Pagaralam sendiri bukanlah buah khas tanaman Pagaralam,karena gerga berasal dari Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu.

"Rasa dan ukuran buah serta daya tahan simpan menjadai unggulan tersendiri budidaya gerga Pagaralam,"terangnya.

Dikatakannya, ke depan gerga Pagaralam juga akan menjadi buah hasil pertanian unggula  yang akan dibawah ke Pekan Raya Petani Daerah (Peda) se Sumatera Selatan yang dihelat di Musi Banyuasin (Muba).

"Kita harap dengan banyaknya iven yang diikuti akan menjadi ajang promosi bagi gerga Pagaralam," tukasnya.

Senada dikatakan Edwin, kalau di hari biasa kebun jeruk gerga yang dia garap hanya menjadi objek wisata bagi pengunjung baik dari dalam maupun dari luar Kota Pagaralam.

"Biasa yang namanya pengunjung pesananya juga bukan dalam jumlah yang banyak palinghanya hitungan kilogram untuk oleh-oleh saja,"jelasnya.

Tidak hanya itu,Kebun gerga yang dia garap juga pernah menjadi tujuan penelitian beberapa perguruan tinggi salah satunya yakni Universitas Sriwijaya.

"Bahkan pernah menjadi judul skripsi bagi mahasiswa-mahasiwi," tuturnya.[sri]















Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00