Bawa Ribuan Butir Obat..WN China Diciduk

Daerah  SELASA, 15 JANUARI 2019 , 17:09:00 WIB | LAPORAN: SRI PRADES

Bawa Ribuan Butir Obat..WN China Diciduk
RMOLSumsel. Polres Lubuklinggau menankap seorang Warga Negara Asing (WNA) asal China bernama Peng Changfu (40) . Penangkapan ini dilakukan di Bandara Silampari karena Peng diduga membawa ribuan obat dan alat kesehatan ilegal, Selasa (15/1).

Peng Changfu diamankan di  Bandara, setelah barang ilegal bawaanya terdeteksi mesin X ray Bandara Silampari Lubuklinggau.

WNA asal China tersebut hendak berangkat ke Jakarta dari Bandara Silampari. Ia membawa obat-obatan yang dimasukkan ke dalam tas cobe, namun  saat pemeriksaan terdeteksi oleh x Ray.

Petugas yang curiga, langsung memeriksa dan meminta WNA ini menujukkan dokumen bawaannya tersebut. Namun dia tidak bisa menunjukkan surat dan dokumen obat-obatan yang diperkirakan berjumlah ribuan buitr itu.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono melalui Waka Polres Kompol Zulkarnain, kepada media menerangkan,  WNA tersebut diamankan karena obat dan alat kesehatan yang dibawanya dikhawatirkan akan membahayakan masyarakat jika dibiarkan saja.

Hal tersebut  sesuai dengan Undang-undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009, jika dibiarkan obat-obatan ini beredar bisa membahayakan masyarakat.

"WNA ini izinnya sebagai pengunjung. Karena itu kita akan berkoordinasi dengan Imigrasi terkait masalah izin Peng Changfu ini bagaimana. Setahu saya,  tidak boleh orang izin sebagai pengunjung tapi  berdagang apalagi sampai mengobati,‚ÄĚkata Wakapolres.

Ditanya apakah akan mendeportasi WNA tersebut, Wakapolres menegaskan akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Imigrasi,termasuk obat-obatan yang dibawanya.

Namun khusus obat-obatan yang dibawa,  pihaknya  memerlukan  Saksi Ahli dari Badan Pengawas Obat (BPOM), untuk pengecekan kandungan di dalam obat tersebut, termasuk apakah obat-obatan tersebut mengandung unsur pidana.

Jika ada unsur tindak pidananya, sesuai dengan pidana Undang-undang Kesehatan maka akan diproses, dan kalau memang tidak ada, makan akan  dimusnahkan. [ida]

Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00