Debat Capres Mampu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Politik  SELASA, 15 JANUARI 2019 , 13:59:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Debat Capres Mampu Tingkatkan Partisipasi Pemilih
RMOLSumsel. Debat pasangan capres-cawapres antara Pasangan Prabowo-Sandi dan Jokowi-Mar'uf pada sesi pertama,  yang akan berlangsung pada Kamis 17 Januari besok,  diyakini mampu meningkatkan partisipasi pemilih.


"Debat ini diharapkan akan mampu meningkatkan partisipasi pemilih. Ini lah manfaat adanya debat publik," kata pengamat politik dan sosial Bagindo Togar, Selasa (15/1).


Hal itu, karena publik akan melihat apa yang ditawarkan oleh kedua kandidat untuk memajukan Indonesia ke depan dengan visi misi yang ditawarkan.

"Jika visi misinya baik bagi publik maka akan akan menjadi pertimbangan bagi publik dalam memilih kandidat,"kata Bagindo.


Berdasarkan hasil jajak pendapat Nasional yang dirilis oleh beragam lembaga survey populer dan  kredibel, ada sekitar di bawah 10 %  swing Voters serta sekitar 12 % undecided Voters.


"Acara debat terbuka diperkirakan memiliki effect elektoral kepada masyarakat dalam meneguhkan pilihan calon pimpinan negara ini lima tahun ke depan," jelasnya.


Tentu tema dalam debat nanti di antaranya bagaimana para kandidat menawarkan untuk menuntaskan maraknya korupsi yang mejerat kepala daerah, anggota dewan, dan lainnya.


"Tentu harus ada program apa yang akan ditawarkan, jika program yang ditawarkan menyentuh langsung dan dapat menuntaskan korupsi maka akan menjadi magnet bagi kandidat dalam meraih dukungan publik,"tukasnya. [ida]

Komentar Pembaca