Perbaiki Keasadaran Masyarakat

Mampu Pertahankan Adipura Ke-12 Harnojoyo Belum Puas

Ragam  SABTU, 12 JANUARI 2019 , 15:41:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Mampu Pertahankan Adipura Ke-12 Harnojoyo Belum Puas

H Harnojoyo/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Untuk ke-12 kalinya Kota Palembang kembali mendapatkan Adipura, yakni penghargaan tertinggi di bidang lingkungan yang diberikan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia (RI).

Meski menjadi salah satu Kota yang mampu mempertahankan penghargaan dibidang kebersihan dan lingkungan tersebut, Walikota Palembang Harnojoyo sepertinya belum merasa puas dengan raihan tersebut.

Hal itu terlihat dari tidak diselenggarakannya pawai arak-arakan, untuk menyambut penghargaan Adipura yang berhasil dipertahankan.

Kepada Kantor Berita RMOL Sumsel, Sabtu (12/01) Harnojoyo mengungkapkan pada tahun ini, tidak ada arak-arakan Adipura, dan akan di gantikan dengan acara di kediaman dinas Walikota.

"Arak-arakan batal, kita akan rame-rame makan di kediaman dinas bersama pasukan kuning. Ini sebagai ungkapan rasa syukur bahwa Adipura ini sudah 12 kali kita dapatkan," terangnya.

Harnojoyo mengatakan, memang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap kali menerima penghargaan Adipura selalu diwarnai dengan pesta arak-arakan keliling Kota Palembang. Pada tahun ini, pesta akan dibuat sesederhana mungkin.

"Bukan penghargaannya yang kita syukuri, tetapi bagaimana dengan 12 kali berturut-turut ini, masyarakat kita ini perilakunya sudah betul-betul mencintai lingkungan ini dengan ikut terlibat sama-sama menjaganya," ulasnya.

Kedepan, Harnojoyo berharap Palembang bisa kembali mendapatkan Adipura Kencana sama seperti yang didapat oleh Kota Surabaya. Jika memang itu bisa didapatkan Kota Palembang, maka baru akan dilakukan arak-arakan.

Namun ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar Palembang bisa mendapatkan kembali Adipura Kencana sama seperti Kota Surabaya. Tidak hanya kebersihan dan keindahan saja yang akan dinilai, namun harus ada lebih dari itu.

"Ada capaian nilai yang harus dicapai. Salah satunya adalah bagaimana membangun kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Artinya, jika kita sudah mendapatkan Adipura Kencana, tingkat kesadaran masyarakat kita terhadap lingkungan, dan itu yang akan kita perbaiki kedepan," tandasnya.[rik]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00