Desa Tegal Rejo Jadi Kampung Tertib Lalulintas

Laporan:Irhamudin Sutan Parmato

Ragam  JUM'AT, 11 JANUARI 2019 , 12:58:00 WIB

Desa Tegal Rejo Jadi Kampung Tertib Lalulintas

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk tertib berlalulintas pihak Satlantas Polres Musi Rawas (Mura) memilih Desa D Tegal Rejo Kecamatan Tugumulyo sebagai percontohan Desa Tertib Lalulintas.

Kepala Satlantas Polres Mura AKP Dani Prasetya kepada RMOL Sumsel mengatakan, terpilihnya desa D Tegal Rejo sebagai desa percontohan, karena pihaknya menilai selama ini masyarakat di desa tersebut aktif dan patuh dalam berkendara. Selain itu, pihak pemerintah desa juga berperan aktif dalam mengajak masyarakatnya untuk patuh dalam berlalu lintas.

Setelah kita lakukan survey, kita menetapkan desa Tegal Rejo sebagai percontohan dan ini pertama kali kita lakukan di Kabupaten Musi Rawas,”jelasnya.

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya bersama dengan pemerintah desa dan masyarakat melakukan pembenahan, seperti memasang rambu-rambu tertib berkendara di akses utama jalan masuk desa tersebut.

Kita pasang rambu-rambu dan himbauan, dengan harapan warga desa dan pengendara akan dengan sendirinya mematuhi aturan dalam berkendara,”ujarnya.

Kepala Desa D Tegal Rejo Rodi Alfian mengatakan, dirinya selaku pimpinan di desa tersebut mengaku bangga dan mengapresiasi langkah tersebut. Tentu saja menurutnya, pihaknya memiliki beban moral untuk terus mengajak masyarakat desa tersebut untuk selalu tertib dalam berlalulintas.

Sebelum berkendara di jalan raya, kita ajak dulu masyarakat kita untuk tertib berkendara di dalam lingkungan desa dulu,”jelasnya.

Pihaknya juga terus memberikan pemahaman kepada masyarakat, melengkapi atribut berkendara seperti menggunakan helm bukan karena takut kena tilang pihak kepolisian, namun demi keselamatan mereka.

Seperti pola pikir yang masih seperti itu kita ubah, pakai helm bukan takut polisi tapi demi keselamatan masing-masing,”jelasnya. [irm]

Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00