Cerai Talak Dan Cerai Gugat Sangat Mendominasi

Sosial  JUM'AT, 11 JANUARI 2019 , 10:43:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Cerai Talak Dan Cerai Gugat Sangat Mendominasi

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Sejak aktif beraktivitas di pertengahan November " Desember 2018 lalu, petugas Kantor Pengadilan Agama (PA) Pagaralam Kelas II berhasil catat 25 perkara, yang masuk dan diproses di PA.

Dari 25 perkara tersebut, 10 perkara diantaranya sudah putus dan hanya menyisahkan 15 perkara lagi, yang kemudian menjadi Pekerja Rumah (PR) di tahun 2019, yang harus bisa diselesaikan.

Di PA ini kita sifatnya, hanya menerima perkara, kalau ada ya kita layani, jadi sejak aktif operasional di November 2018 lalu, bisa di bilang hingga akhir Desember 2018 tadi, untuk kejadian proses perkara yang kita tangani mencapai 25 perkara, 10 perkara sudah putus dan 15 perkara belum tuntas,” terang Plt Ketua PA Pagaralam Kelas II Febrizal Lubis

Berdasarkan data perkara masuk tersebut, sebutnya, masalah cerai talak dan cerai gugat, masih lebih mendoniasi terjadi di Pagaralam. Ini melihat dari jumlah 10 proses perkara yang putus. Semuanya, lebih dominan perkara cerai talak dan cerai gugat.

Tapi untuk perkara yang belum putus, salahsatunya terkait masalah isbat nikah,” ucapnya.

Dirinya pun berharap, setiap permasalahan yang terjadi, kalau bisa jangan sampai diselesaikan di PA, sebab masih bisa diselesaikan di keluarga maupun lembaga masyarakat.

Pokoknya, kalau sudah ke Kantor PA ini, sudah menjadi pintu terakhir, kalau sudah tidak ada jalan lain lagi,” tegasnya.

Lebih jauh Ia berharap, dengan keberadaan Kantor PA Pagaralam Kelas II di tanah Besemah ini, masyarakat tidak perlu pergi jauh-jauh lagi ke Lahat, untuk melakukan berbagai urusan di PA.

Kami sudah ada di Pagaralam, silakan hadir dan datang kesini, tentu saja bagi yang berkepentingan, bila ingin mengajukan perkara, sehingga tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke PA Lahat, yang dapat memakan waktu maupun biaya cukup banyak,” imbuhnya. [irm]

Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00