Waspada Bencana Puting Beliung

Laporan: Irhamudin Sutan Parmato

Ragam  KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 12:44:00 WIB

Waspada Bencana Puting Beliung

Camat TPK Bagikan Terpal Untuk Korban Puitng Beliung/RMOLSUMSEL

RMOL Sumsel. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Faisol menghimbau masyarakat untuk mewaspadai ancama bencana angina putting beliung di wilayah tersebut.

Kepada RMOL Sumsel Faisol mengatakan, terjadinya perubahan iklim dari kemarau ke musim penghujan  kerap diiringi angin puting beliung. Pihaknya mencatat, wilayah yang di Mura yang memiliki potensi ancaman puting beliung antara lain; Tiang Pumpung Kepungut (TPK), Selangit, Terawas, Tuah Negeri dan Muara Beliti. Wilayah tersebut menurut Faisol memiliki tufografi perbukitan da nada kawasan terbuka sehingga mudah terpapar angina puting beliung.

Memang tidak setiap tahun, namun dari data dan catatan kita beberapa kecamatan itu pernah kejadian putting beliung,”ujarnya.

Seperti belum lama ini, kejadian putting beliung melanda Desa Satan Indah Kecamatan Muara Beliti. Kejadian terbaru terjadi, Selasa malam (8/1) kemarin, angin putting beliung melanda Desa  Simpang Gegas Temuan Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK). Sebanyak 27 rumah warga mengalami kerusakan, 3 diantaranya rusak berat dan 24 rumah lainnya mengalami rusak ringan.

Yang kemarin di Desa Simpang Gegas kita bersyukur tidak ada korban jiwa,’ujarnya.

Saat kejadian menurut Faisol disertai dengan hujan deras. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada warga khususnya di wilayah rawan bencana puting beliung untuk berhati-hati.

Intinya kita minta masyarakat berhati-hati dan mengenali kondisi wilayah masing-masing,’terangnya.

Camat TPK, Dien Candra membenarkan jika kejadian putting beliung terjadi di Desa Simpang Gegas Temuan Kecamata TPK. Namun dirinya memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Mendapat informasi kami langsung cek ke lokasi bersama dengan pihak BPBD dan Babinsa setempat dan kita pastikan tidak ada korban jiwa,”jelasnya.

Dia mengatakan, rata-rata kerusakan yang dialami rumah warga adalah bagian atap. Antisipasi darurat yang dilakukan pihaknya dengan membagikan terpal kepada warga untuk mengantisipasi air hujan masuk kedalam rumah warga. [irm]

Komentar Pembaca
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00