Pembuat Kecepek di Musi Rawas Berhasil Dibekuk

Laporan:Irhamudin Sutan Parmato

Kriminal  KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 11:34:00 WIB

Pembuat Kecepek di Musi Rawas Berhasil Dibekuk

Tersangka/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Jajaran Satreskrim Polres Musi Rawas (Mura) berhasil mengamankan tiga warga Desa Pian Raya Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Mura karena kedapatan menyimpan bahkan memproduksi sendiri senjata api rakitan (Senpira) atau kecepek.

Ketiganya adalah, Ikhtiar Budi Santoso (52), Johan (50), serta Fauzi (46). Mereka diamankan terpisah oleh polisi beserta masing-masing barang bukti senpira dan alat produksinya, Senin (9/1). Kronologis awal, penangkapan bermula saat polisi mengamankan tersangka Ikhtiar dirumahnya karena diketahui menyimpan 1 pucuk Senpira laras panjang beserta amunisinya. Pengakuan tersangka, dirinya mendapatkan barang tersebut dari Johan.

Polisi kemudian bergegas mendatangi kediaman Johan. Dirinya tidak bisa mengelak, karena dirumahnya polisi berhasil mengamankan barang bukti 2 pucuk Senpira laras panjang. Bahkan hasil penggeledahan, polisi berhasil menemukan barang bukti lain yang diduga akan digunakan untuk membuat senpira. Barang bukti lain yang diamankan antara lain;1 set alat bor, 3 batang besi, 1 buah kunci busi, 1 kotak  yang berisikan besi kecil-kecil untuk membuat senpira, serta bahan diduga untuk membuat amunisi berupa bubuk  mesiu,timah dan serabut kelapa.

Kepada polisi Johan mengungkapkan, bukan hanya dirinya yang bisa membuat kecepek di daerah tersebut. Dirinya menyebut nama Fauzi. Polisi pun bergegas mendatangi kediaman Fauzi.  Alhasil polisi berhasil mengamankan Fauzi dan barang bukti  3 pucuk senpira laras panjang. Barang bukti lain yang ditemukan dari kediaman tersangka Fauzi antara lain; 1 set alat membuat senpira, 3 buah kikir/pahat besi, 7 batang besi, 1 buah kunci inggris, 6 butir peluru aktif, 1 butir selongsong, 1 set kunci beragam bentuk, dan 1 buah tas yang berisikan mesiu dan serabut kelapa.

Kasat Reskrim Polres Mura AKP Wahyu Setyo Pranoto kepada RMOL Sumsel mengatakan, tertangkapnya ketiga tersangka adalah hasil operasi senpira jajaran Satreskrim Polres Mura. Keterangan yang didapat dari para pelaku khususnya tersangka Johan dan Fauzi mereka sudah lama membuat atau memproduksi sendiri senpira tersebut.

Pengakuan tersangka sudah lama mas,’ujarnya.

Ketiga tersangka menurut Wahyu saat ini masih terus dilakukan pemeriksaan. Tidak menutup kemungkinan ketiga pelaku ada jaringan lain dengan sesame pelaku pembuat senpira di wilayah Mura.

Terus kita kembangkan, termasuk kemungkinan ada kaitan ketiga pelaku dengan pelaku tindak kejahatan yang beraksi di wilayah Mura dengan menggunakan senpira,”jelasnya.

Kapolres Mura AKBP Suhendro sebelumnya sudah menghimbau kepada warga diwilayah hukum Polres Mura untuk tidak menyimpan atau menguasai senpira dan senpi organic tanpa izin. Dirinya menjamin, jika warga menyerahkan sendiri dengan kesadaran, maka tidak akan diproses hukum.

Kalau menyerahkan sendiri kita sangat mengapresiasi, tapi kalau terjaring operasi jelas akan kita proses sesuai aturan hukum yang berlaku,”ujarnya. [irm]

Komentar Pembaca
Ampera Terbakar

Ampera Terbakar

KAMIS, 20 DESEMBER 2018 , 16:14:00

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

Penampakan Sampah di Depan Komplek Elite

JUM'AT, 23 NOVEMBER 2018 , 16:14:00

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

Pengantongan Pupuk Akhir 2018

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:58:00

Budaya14 Januari 2019 09:31

Polres Pagaralam Temukan Ladang Ganja

Polres Pagaralam Temukan Ladang Ganja

Kriminal16 Januari 2019 19:18

Debat Capres Mampu Tingkatkan Partisipasi Pemilih
Pasca Juara,  Pesanan Gerga Pagaralam Meningkat

Politik15 Januari 2019 18:12

Ketidakcocokan Janji Dan Realita, Buat Beban Jokowi
Jelang Debat, Jokowi Tidak Melakukan Persiapan
Dibebaskan, Jokowi Ingin Rawat Abu Bakar Ba'asyir
DEBAT KAKU

DEBAT KAKU

OPINI19 Januari 2019 12:20

Ma'ruf Amin Tak Mau Kalah Di Kampung Halaman