Pelajar SDN 6 Muara Lawai Keracunan Kue Sagon Koya

#hashtag  RABU, 09 JANUARI 2019 , 15:30:00 WIB | LAPORAN: EDWINSYAH SATRIA

Pelajar SDN 6 Muara Lawai Keracunan Kue Sagon Koya

Pelajar SDN 6 Dirawat Akibat Keracunan/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Fenomena keracunana makanan jajanan yang dijual para pedagang di sekolah sekolah hampir kerap menimpa para siswa. Tentu permasalahan ini menjadi tanggung jawab siapa? dalam melakukan pengawasannya.

Apakah menjadi tanggungjawab pihak sekolahkah, pihak  Dinas Pendidikan Nasional atau pihak Dinas Kesehatan maupun Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), dalam melakukan pengawasan terhadap makanan yang dijual para pedagang jajanan yang berjualan di masing masing sekolah.

Soalnya, ketika terjadi permasalahan keracunan makanan, barulah pihak Dinas Pendidikan Nasional, Dinas Kesehatan maupun BPOM, mulai mengambil perannya masing masing untuk menindak lanjuti kejadian keracunan makanan tersebut.

Sebagaimana kejadian keracunan makanan yang menimpa 8 orang siswa kelas IV dan V SD Negeri 6, Desa Muara Lawai, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat. Para siswa ini mengalami keracunan makanan diduga setelah menyantap makanan jajanan sagon yang dijual oleh salah seorang pedagang jajanan di sekolah tersebut.

Peristiwa yang membuat para guru maupun wali murid sempat panik itu, terjadi pada Rabu (9/1) sekitar pukul 09.00 WIB, saat siswa sedang mengikuti proses belajar mengajar di dalam ruang kelas.

Beruntung, para guru cepat mengambil tindakan dengan membawa ke 8 siswa yang mengalami keracunan makanan  ke Puskesmas Pembantu Muara Lawai, dan selanjutnya di rujuk ke RSU dr HM Rabain Muara Enim. Sehingga para siswa cepat tertolong  karena mendapatkan penangan medis secara cepat.

Para siswa mengalami kepala pusing, perut mual dan muntah muntah setelah menyantap makanan jajanan tepung sagon yang dijual seorang pedagang jajanan di sekolah tersebut seharga Rp 500/buah.

Makanan jajanan yang dikonsumsi siswa tersebut bernama Kue Koya Hikmah.  Pada bungkus makanan itu tertulis dengan jelas di produksi di Ciamis-Jawa Barat. Hingga berita ini dibuat, para siswa masih mendapatkan perawatan di RSU dr HM Rabain Muara Enim.[rik]

Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00