Mangkir, MPK HMI Panggil Ulang Saddam Al Jihad

Hukum  SELASA, 01 JANUARI 2019 , 23:44:00 WIB

Mangkir, MPK HMI Panggil Ulang Saddam Al Jihad

Saddam Al Jihad/RMOL

RMOLSumsel. Majelis Pengawas dan Konsultasi (MPK) Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Indonesia (PB HMI) mengaku telah menerima surat gugatan mosi tidak percaya terhadap Ketua Umum Saddam Al Jihad.

Gugatan itu dilayangkan oleh 65 fungsionaris PB HMI, 3 Badko dan lebih dari 14 cabang. Gugatan tentang kasus asusila dan rangkap jabatan atau cacat administrasi & konstitusional SK Reshufle,” terang Ketua Komisi Internal MPK PB HMI Rahmat Fikri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/1).


Menurutnya, berkas gugatan itu suah diverifikasi dan layak untuk dibawa ke Sidang MPK PB HMI. Sesuai mekanisme pengajuan gugatan di MPK, maka paling lambat 7 hari harus sudah disidangkan.

Rahmat menyebut pihaknya telah menggelar sidang pada Rabu (26/12) lalu. Agendanya adalah pemanggilan tergugat, Saddam untuk proses tabayun dan klarifikasi.

Tapi 2 jam sebelum agenda sidang MPK dimulai saudara tergugat menginformasikan tidak bisa hadir di Sidang MPK. Sidang MPK tetap berjalan dengan agenda uji materi perkara berdasarkan alat bukti yang ada,” sambungnya.

Sidang pun menghasilkan sejumlah putusan sela. Di antaranya, memanggil pihak penggugat untuk dimintai keterangan pada Sabtu (5/1).

Selain itu, juga melayangkan panggilan kedua kepada Saddam Al Jihad untuk datang di hari yang sama.

Tujuannya, untuk mengklarifikasi perkara konstitusi yang masuk dan ketika panggilan kedua tidak diindahkan MPK PB HMI akan melakukan langkah-langkah konstitusional sesuai kewenangan yang dimiliki,” tegasnya.

Dalam putusan sela tersebut, MPK HMI juga akan membahas Surat Keputusan Reshufle PB HMI yang diduga cacat administrasi & konstitusional.

MPK HMI juga menginstruksikan kepada Ketua Umum & PB HMI untuk tidak melaksanakan aktivitas organisasi termasuk Rakernas II sampai diputuskannya perkara sengketa konstitusional ini,” pungkasnya. [irm]



Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00