PKK Bisa Lho Manfaatin Dana Desa

Daerah  RABU, 26 DESEMBER 2018 , 15:32:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

PKK Bisa Lho Manfaatin Dana Desa

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. PKK dapat memanfaatkan Dana Desa (DD) yang diterima setiap desa. Pemanfaatan DD untuk menunjang kegiatan PKK, itu diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Demikian disampaikan ketua TP PKK Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU, Hj Badiar Dewi Kuryana Azis, didampingi Wakil Ketua TP PKK OKU, Hj Henny Johan Anuar.

Pernyataan tersebut disampaikan pada sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 42 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan Desa di empat kecamatan baru-baru ini.

PKK dalam hal ini perlu menyesuaikan kegiatannya dengan program kerja setiap OPD tentu. Hal ini dilakukan sebagai pendukung 10 program pokok PKK.

Menurutnya koordinasi PKK desa dengan OPD sangat penting dilakukan. Mengingat kegiatan PKK merupakan salah satu urusan pada Kementerian Dalam Negeri, melalui Ditjen Bina Pemerintahan Desa, yang mana hal ini termaktub dalam Peraturan Presiden nomor 11 tahun 2015 tentang Kementerian Dalam Negeri.

Jadi, 10 program pokok PKK di setiap desa bisa berjalan baik dengan memanfaatkan dana desa.

"Kedepan saya tidak mau lagi mendengar PKK di desa vakum atau tidak ada kegiatan lantaran tidak ada anggaran," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD),  Ahmad Firdaus mengemukakan, sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam pembangunan, TP PKK diharapkan senantiasa mendukung dan berpartisipasi aktif dalam segala kegiatan mulai di tingkat kabupaten, desa dan kelurahan.

Sehingga TP PKK dapat menjadi perekat atau fasilitator antara fungsi kemasyarakatan dengan fungsi pemerintahan.

Oleh sebab itu kelembagaan TP PKK harus lebih diperkuat agar pelaksanaan program dan fungsinya dapat berjalan dengan baik lagi.

"Kepada setiap desa di OKU agar mengalokasikan anggaran PKK di dana desa yang diterimanya," tukasnya. [irm]



Komentar Pembaca
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00