Ribuan Data Penduduk Prabumulih Di Non Aktifkan

Daerah  SELASA, 18 DESEMBER 2018 , 18:17:00 WIB | LAPORAN: DEDE SUHEN

Ribuan Data Penduduk Prabumulih Di Non Aktifkan

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Tak kunjung melakukan perekaman, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Prabumulih blokir ribuan identitas warga.

Kepala Disdukcapil, Amilton melalui Kabid Pengelolaan Administrasi Kependudukan Yudhi  Apriadi mengatakan dari 123.688 warga Wajib Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP EL), sebanyak 3.782 identitas diantaranya diblokir.

"Pemblokiran dilakukan sejak diberlakukannya software aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terbaru yaitu peningkatan dari versi 6.0 ke versi 7.0," Ujar Yudhi.

Menurut Yudhi, penonaktifan ribuan identitas warga tersebut sifatnya masih sementara. Penonaktifan telah dilakukan mulai awal oktober lalu.

"Non aktif itu sifatnya masih sementara dari kita, kalau dia merekam akan otomatis kembali aktif," ungkapnya.

Namun, kata Yudhi, apabila hingga akhir tahun ini warga wajib KTP belum juga melakukan perekaman, maka secara otomatis data yang bersangkutan akan diblokir oleh Kementerian dalam Negeri (Kemendagri).

"Jadi terhitung 1 Januari pusat yang akan memblokir warga yang belum melakukan perekaman," terangnya.

Lebih jauh, Yudhi menuturkan jika penonaktifan dilakukan dilakukan Kemendagri maka warga bersangkutan akan kesulitan saat pengurusan administrasi. "Untuk mengurus BPJS atau data lainnya juga hilang, karena semua tersambung dari pusat," tuturnya.

Untuk itu, Yudhi menghimbau agar warga yang belum melakukan perekaman untuk segera merekam sebelum akhir Desember.

"Rata-rata warga yang belum merekam itu dipedesaan. Padahal kita sering jemput bola, namun mungkin warga lebih memilih bekerja ketimbang merekam," tambahnya. [irm]

Komentar Pembaca
Persiapan Reuni Akbar 212

Persiapan Reuni Akbar 212

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 18:27:00

Diskusi Tolak Ahok

Diskusi Tolak Ahok

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 14:16:00

Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00