Pemugaran Masjid Agung Mosul Dimulai

Ragam  SELASA, 18 DESEMBER 2018 , 11:57:00 WIB

Pemugaran Masjid Agung Mosul Dimulai

Masjid Agung Mosul al-Nuri/NET

RMOLSumsel. Irak melakukan pemugaran Masjid Agung Mosul al-Nuri yang dirusak oleh militan ISIS.

Kepala Endowmen Muslim Sunni Irak, Abdul Latif al-Humayim, bergabung dengan pejabat PBB dan Uni Eropa untuk upacara peletakan batu pertama pembangunan kembali masjid bersejarah itu pada Senin (17/12).

Masjid yang memiliki ciri khas menara miring itu adalah salah satu situs Mosul yang paling terkenal. Masjid itu kemudian digunakan oleh pemimpin kelompok militan ISIS Abu Bakr al-Baghdadi memproklamirkan "kekhalifahan" pada tahun 2014 lalu.

Namun ISIS kemudian meledakkan masjid itu tahun lalu ketika pasukan pemerintah merebut kembali kota.

Pertempuran untuk merebut kembali Mosul itu berlangsung hampir sembilan bulan, meninggalkan wilayah itu hampir rata dengan tanah akibat banyak bangunan runtuh. Bukaia. hanya itu, pertempuran juga menyebabkan ribuan orang lain meninggal dunia.

Perwakilan Irak dari badan budaya PBB, UNESCO, Louise Haxthausen mengatakan kepada mereka yang menghadiri upacara tersebut bahwa penghancuran Masjid Agung al-Nuri adalah momen horor dan putus asa.

"Hari ini, ketika kita meletakkan batu fondasi, kita memulai perjalanan rekonstruksi fisik," kata Haxthausen.

Uni Emirat Arab telah menyumbang 50 juta dolar AS untuk proyek tersebut, yang diperkirakan akan memakan waktu lima tahun.

Dikabarkan BBC, tahun pertama akan difokuskan pada pendokumentasian dan pembukaan situs. Empat tahun kemudian akan fokus pada pembangunan kembali menara, aula sholat, dan bangunan yang berdekatan.

Selain itu, taman bersejarah Mosul dan ruang terbuka lainnya juga akan dipugar, dan sebuah monumen dan museum dibangun.

Masjid Agung diberi nama tokoh Nuruddin Mahmoud Zangi. Dia terkenal karena memobilisasi dan menyatukan kekuatan Muslim untuk melakukan jihad melawan Tentara Salib Kristen. Dia memerintahkan pembangunan masjid pada 1172, tak lama sebelum kematiannya. [sri]

Komentar Pembaca
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00