Untuk Jadi Pengantin Ini..Tak Mesti Perawan

On The Spot  MINGGU, 16 DESEMBER 2018 , 12:43:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Untuk Jadi Pengantin Ini..Tak Mesti Perawan
RMOLSumsel. Di  Fort Wayne, Indiana, Amerika Serikat kemarin, Jessica Hayes yang berprofesi guru dinikahkan dengan Yesus Kristus. Pada pernikahan itu, ia berbusana bak pengantin pada umumnya, mengenakan gaun berwarna putih. Yang berbeda adalah saat upacara pernikahan dilangsungkan di gereja, tak tampak pengantin laki-laki..

Saat mengucapkan ikrar, ia berjanji untuk tidak akan pernah menjalin hubungan cinta dengan orang lain sepanjang hidupnya. Dalam agama Katolik, Hayes dikenal dengan "perawan yang disucikan".

Hayes mengakui tadinya tak pernah terpikir untuk menjadi perawan yang disucikan dan menikah dengan Yesus Kristus. Keinginan itu datang saat ia bertemu dengan penasehat spiritualnya.

Dikutip dari Kantor Berita BBC, Minggu (16/12), keputusan itu diambil Hayes pada 2013 dan dua tahun kemudian ia menjalani upacara untuk menjadi perawan yang disucikan.

Saat mengikuti upacara, ia antara lain berbaring di depan altar. Ia menggambarkan gestur ini sebagai simbol keinginan menghadiahkan diri ke Tuhan dan ia menerima Tuhan. Ia menyebutnya sebagai komitmen abadi.

Hayes adalah satu dari 254 pengantin Yesus di Amerika, menurut data yang dikumpulkan American Association of Consecrated Virgins (USACV).

Mereka berasal dari beragam profesi, mulai dari perawat, psikolog, akuntan, pengusaha, hingga anggota pemadam kebakaran. Di seluruh dunia, jumlahnya setidaknya 4.000 perawan yang disucikan menurut survei pada 2015.

Vatikan mengatakan ada peningkatan tajam untuk menjadi perawan yang disucikan di berbagai tempat di dunia. Lebih dari 1.200 di antaranya tinggal di Prancis dan Italia. Selebihnya berasal dari AS, Meksiko, Rumania, Polandia, Spanyol, Jerman, Argentina, dan beberapa negara lain.

Hayes mengatakan sebelum memutuskan untuk menjadi anggota ordo perawan yang disucikan, ia menjalin hubungan asmara, tapi tak pernah merasakan kepuasaan batin.

"Saya kencan ... tapi tak serius. Saya kencan dengan orang baik-baik," katanya.

Ia mengatakan tak satu pun dari orang-orang yang ia ajak kencan ini ia anggap cocok untuk menjadi pasangan hidupnya. Menurutnya, yang paling sulit dari pilihannya ini adalah "kesalahpahaman" di masyarakat.

"Pilihan kami dianggap anti terhadap budaya," kata Hayes.

"Saya sering mendapat komentar seperti 'Oh, kamu seperti layang ya'. Saya harus menjelaskan bahwa hubungan saya yang utama adalah dengan Tuhan saya. Saya menyerahkan fisik saya kepada Tuhan...," katanya.

Juli lalu, Vatikan mengeluarkan panduan yang mendapat tanggapan beragam di kalangan komunitas perawan yang disucikan.  Perdebatan yang muncul lektika itu, di antaranya adalah, apakah perempuan yang menjadi anggota komunitas harus perawan secara fisik..

Tak seperti biarawati, yang memang berikrar untuk selibat, pengantin Yesus ini tidak diharuskan untuk menjadi perawan selamanya.

Menanggapi perdebatan ini, Vatikan mengatakan bahwa "idealnya para perempuan menjaga badan agar tetap suci" tapi untuk untuk menjadi anggota komunitas perawan yang disucikan, perempuan tidak harus perawan secara fisik.

Bagi USACV, panduan tersebut "mengejutkan dan sengaja dibuat pelik". Pernyataan USACV menyebutkan bahwa tradisi secara tegas memegang teguh prinsip keperawanan "baik secara fisik maupun spiritual".

Hayes mengatakan, dirinya secara pribadi, ingin ada penjelasan dari pihak otoritas Gereja.

"Dokumen menyebutkan calon pengantin boleh saja dari mereka yang sudah pernah menikah atau yang pernah melanggar prinsip kesucian," katanya.

Ia menduga mungkin ini bagi perempuan yang di masa lalu pernah menjadi korban perkosaan.  Bagaimanapun, ia mendukung langkah Gereja mendorong makin banyak perempuan menjadi anggota komunitas "perawan yang disucikan".

Ia menyebut ada kebutuhan bagi orang-orang untuk memberikan "komitmen radikal" kepada Tuhan. [ida]

Komentar Pembaca
Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

SENIN, 28 JANUARI 2019 , 08:43:00

Woow.. Ahok Salam 3 Jari

Woow.. Ahok Salam 3 Jari

KAMIS, 24 JANUARI 2019 , 11:16:00

IBADAH IMLEK

IBADAH IMLEK

SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:10:00